Jumat, 25 Februari 2022

Ide Kegiatan Statistik dan Probabilitas di Kelas (S-ID2)

 Tujuan: 

Gunakan statistik yang sesuai dengan bentuk distribusi data untuk membandingkan pusat (median, mean) dan penyebaran (rentang interkuartil, deviasi standar) dari dua atau lebih kumpulan data yang berbeda.

Aktivitas S-ID2: 

Bekerja berpasangan atau kelompok yang terdiri dari tiga orang, siswa akan membandingkan bentuk dua distribusi data yang berbeda.

Bahan-bahan:

Tampilan data yang dibuat siswa pada kegiatan sebelumnya; S-ID.2 yang dapat direproduksi, “Pedoman Membandingkan Dua Kumpulan Data Berbeda,” untuk setiap pasangan atau kelompok siswa. Opsional: Kalkulator dengan fungsi untuk menghitung deviasi standar untuk setiap pasangan atau kelompok siswa

Prosedur:

1. Tinjau kembali bahwa sebaran data merupakan susunan relatif dari sekumpulan angka. Statistik dapat berguna untuk membandingkan bentuk distribusi data untuk kumpulan data yang berbeda.

2. Jelaskan kepada siswa Anda bahwa mereka akan bekerja dengan tampilan data—plot titik, histogram, dan plot kotak—yang mereka buat sebelumnya dan gunakan statistik untuk membandingkan bentuk distribusi data. Mereka harus mempertimbangkan data yang dihasilkan dengan melempar dadu sebagai satu kumpulan data dan data yang dihasilkan oleh generator bilangan bulat acak sebagai kumpulan data lainnya.

3. Jelaskan bahwa reprodusibel berisi pedoman untuk membantu siswa mendeskripsikan pusat dan penyebaran data dengan benar. Siswa harus mengacu pada pedoman untuk membandingkan distribusi data mereka. Mereka harus merangkum temuan mereka. (Catatan: Langkah-langkah yang diberikan untuk mencari simpangan baku mengacu pada simpangan baku populasi dan bukan simpangan baku sampel)

Penutup:

Diskusikan temuan siswa Anda, terutama temuan yang sangat berbeda dari apa yang tampak pada umumnya.

sumber: Muschla, et al. 2015. Teaching The Common Core Math Standards With Hands on Activities Grades 9-12. Jossey-Bass

Tidak ada komentar: