Jumat, 26 Juli 2013

Menjadi Desain Layout di Majalah Sekolah

Haihaa, sebelumnya selamat berpuasa bagi yang sedang berpuasa. Kebetulan nih gue sih lagi engga. Kali ini mau ngapain? Berbagi pengalaman sih yang pasti, dan pastinya pengalaman yang gue tulis disini itu pengen dibagi buat kalian pelajari aja, buang yang negatifnya ambil yang positifnya key? (yakale kalo ada, haha)

Ceritanya, sekarang kan udah kelas 11 nih, pastilah mulai muncul tuh muka-muka so unyu yang pada masuk ke ekskul kesayangan gue (re: jurnal). Dan memang nanti bakalan ada pemilihan buat nemenin gue setahun mendatang jadi tim layout.  Dulu sih, ganyangka ya, bisa gue gitu yang kepilih. Karena kalian tau? waktu itu dipilihnya sama kakak kelas 3 nya, gue gatau dan gakenal siapa-siapa disana, kecuali dua makhluk produk alumni yang masih kelas 2 waktu itu. Waktu itu dipilih 2 orang buat jadi tim layout, agak aneh juga sih 2 orang dipanggil tim. Yang kepilih itu gue sama teh Firdha. Sehabis diklat dikasih tau tuh pemenang-pemenang sama yang lolos jadi layouter. Gue sih emang ngarep buat kepilih. Kenapa? Bagi gue tujuan kesekolah itu, bukan cuma cari akademis doang, kalo pengalaman yang kayak gininya ga diambil sayang banget atulaaah. Hmm, terus?

Pertama, apaan sih desain layout majalah? kerjanya apaan?
Jadi, nih orang kerjaannya ngebuat desain yang menarik buat tata letak artikelnya, dihias ini itu. Kamu sambil bayangin aja beberapa majalah yang pernah kamu baca, kan kalo artikelnya menarik tapi desainnya engga bakal dibaca ga sih? Tanpa disadari kalimat 'menilai sesuatu dari luar itu' emang nomer wahid loh. Yakale yang ngelamar ke kantor pake baju seadanya. Nah, nah balik lagi deh, jadi tugas saya itu ya gitu. Buat artikel yang serba ada, di otak atik di aplikasi publisher jadi deh.

Se-SIMPLE itu Sip??
Nah, kalo mau liat contohnya boleh deh nih: bisa dibedain waktu yang pertama itu yang saya serahin ke teh Asmi, buat pemilihan layouter. (Belom ada artikel, dan gue emang suka warnaaa)

Masih keliatan alay ya yang awal mah-_- 

Yang ini nih, nanti ada di edisi 3 JUMANJI. Yeay!

Syarat jadi layouter cuma 1:
Suka kerja keras dan kreatif. 

Loh ada 2 ternyata.
Emang nih, tugas ini kan bagiannya di akhir dari kerjaan-kerjaan yang lain. Jadi Deadline-nya itu suka bikin ngocar-ngacir. Bisa ampe malem, atau pas gada guru ngerjain ini deh diem-diem dibelakang kelas. Bayangkan! Bayangkan! Dan kita gadibayar! WHAAAT?

Yah begitulah, aku juga gatau. Disini, aku ikhlas aja... walaupun lelah. Walaupun.. tuh ngeluh.
Tapi asli, saya ngerjain tugas ini itu semacam hobi saja. Rasa lelah, capek, tunai dan luntur seketika saat ngeliat Majalah yang udah jadi. Alhamdulillah Jumanji edisi 3 udah mau naik ke permukaan senin nanti. Hasilnya gimana? Yah, ada sih yang agak aneh dan saya juga mulai punya inovasi buat nanti kedepannya gimana.
Oh ya, saya inget banget waktu awal-awal ngerjain tugas ini. Waktu itu abis ulangan semester 1, beruntung saya engga kena remedial pelajaran apapun jadi bebas deh ngerjain ini terus. Waktu itu, aku sama teh firdha ngerjain berapa hari ya? Hasilnya agak enggak memuaskan sih. Soalnya akuuuu masih salah di halaman, dan juga editornya masih kurang jeli. Oh iya, jadi layout juga wajib bisa motong kalimat yang bikin gamuat tapi harus tetep nyambung sama sebelumnya. Dan harus berani capek 2 kali. 3 kali. sampe 10 kali. Hmm.

Udahlah, nanti lagi yaa. Mau tanya? Silahkaan :)

Oya, aku pake aplikasi publisher. Tapi Teh Firdha, kakak kelas aku yang kepilih juga suka digabungin pake corel, uuuh ngiri. Iyasih, aku belum jago banget, masih etek-etek :( Ah semangat!

update:
Hai, untuk edisi ke-5 aku udah nemuin aplikasi yang lebih seru lagi, yaitu pake Adobe Indesign. Emang sih bagi pemula agak kebingungan, ga kayak publisher yang tools nya -segitu aja- ga banyak yang tersembunyi.
Kalo pake indesign, aku lebih bermain di warna lagi, karena warna-warnanya jauh lebih seru. Kenapa bisa gitu, karena menurutku ngatur warna di indesign jauh lebih mudah dikarenakan tool nya ada di di samping layar.
 


1 komentar:

EKY DWI AGUSTIANZA mengatakan...

postingannya sangat membantu

oiya,,followback blog aku ya kak :)

ekienglandmuse.blogspot.com