Selasa, 21 Januari 2014

Jangan musuhin mantanmu!

Hari ini (1/21/2014) atau tepatnya pagi tadi hujan masih asik bermain di kota Subang. Emang prakiraan cuaca dalam seminggu ini full hujan, dan itu udah bikin beberapa kecamatan di Subang kebanjiran #SavePANTURA #SavePantura, dan yang lebah penting lagi yaitu bikin gue agak bete karena gabisa bawa motor dan pulangnya pasti susah naik angkot.
meski mantan nyebelin, senyumin aja!

Tetiba waktu mandi, gue ngedenger pengumuman dari mesjid. Dalem hati, gue udah nebak-nebak, kalo jam segini ada pengumuman di mesjid itu ada dua kemungkinan. Yang pertama, buat ibu-ibu yang punya anak balita; dan yang kedua pengumuman orang yang meninggal. Dan suara yang masuk ke telinga gue adalah yang kedua. Gue sempet kaget, karena yang meninggal ini anaknya seseorang, yang artinya belom nikah, dan bisa aja masih kecil atau setengah gede. Anehnya, gue berasa tau anak ini dan kebetulan rumahnya yang lokasinya dipinggir jalan itu memberi gue sedikit clue baru, yaitu adanya anak-anak SMA di depan rumahnya. Beberapa diantara mereka ada yang gue kenal. Barulah setelah nyampe sekolah, akhirnya gue nemuin

Jawabannya... Ternyata yang meninggal itu mantan-pacar-sahabatnya-sahabat-gue.Kita sebut aja sahabatnya sahabat gue, Ena, itu dengan Ana.Waktu gue nyeritain ke Ena soal anak SMA yang meninggal di daerah gue, dia langsung ngerasa 'ngeh sama nama yang gue sebut. Kita panggil aja mantannya Ana itu dengan "E". Kisah singkatnya tentang mereka itu...
Jadi, waktu itu mereka pacarannya waktu SMP. Dan Ana pacaran sama E-yang-berstatus-brondong, yang saat itu emang lagi laris manis jaman SMP. Gue gatau mereka bisa ketemuan dimana, jadian berapa lama, karena gue emang ga deket sama sahabatnya-sahabat gue itu.

Gue ngasih tau bahwa kabarnya, E meninggal karena leukemia, kanker sel darah putih yang udah makan banyak nyawa.

Gue dan Ena ngelamun, lalu kita berdoa bentar buat E. Abis itu, Ena bilang ke gue sambil masang muka musam, "ga kebayang kalo itu Tewe." Tewe itu mantannya Ena juga waktu di SMP kelas 2. Dan alhamdulillah mereka masih berteman dengan baik sampe sekarang. Alhamdulillah, yah.

Kini gue ngitung jumlah mantan, kayak kelihatan banyak tapi yang sebenarnya cuma 2. Tapi, setelah memikirkan keduanya, gue ngerasa yang bener-bener pernah ada di hati gue itu ya cuma satu.Gue milih yang kedua. Alasan mengapa yang pertama ga merasa berkesan, karena emang dulu itu cuma 4 hari dan karena aku masih menganggap pacaran itu hal yang menyebalkan sama gada gunanya (ya ampun sebenarnya Syifa dulu itu pinter banget ya...) maka putuslah kita saat itu. Sama sekarang yang kondisinya udah berubah, saat ini mantanku yang pertama itu sudah memacari salah satu sahabatku dan gue sangat bahagia atas mereka. Iya, emang ga masalah sih, karena mereka pacaran ketika gue dan dia udah 2 tahun pisah juga, dan saat itu memang gue lagi menjalani hubungan dengan pacar yang kedua.

Ngomongin mantan yang kedua, gue percaya banget sama pepatah jawa yang bilang 'witing tresno jalaran soko kulino', cinta datang karena terbiasa (sering berkomunikasi/melakukan sesuatu bersama).
Yap, kalo cinta itu tumbuh karena sering bareng atau ketemu. Kita sering bareng karena waktu itu kita dua ekskul yang sama, dan sering ngasih kabar alias saling perhatian walaupun saat itu belum pacaran. Lucunya, kita sempet di gosipin dulu jadian dan ampe kewalahan gitu, sampe akhirnya kejadian deh. Selain itu kita juga sekelas, dan itu pernah jadi malapetaka buat gue saat gue dan dia sempet putus dengan cara yang gabaik. Oh ya, waktu sama dia, kita ampir setahun kalo ga kepotong 2 bulan jomblonya gue. Dan kabar terbarunya, yaitu 2 hari yang lalu, gue tau dia udah putus -lagi-. Yup, setelah dia putus ama gue, dia emang sering jadian lagi. Waduh sering-_- baru 2x sih ya? aduh, ini keliatan banget merhatiinnya.

Dan yah, kembali ke berita utama tadi, bahwa gue gabisa bayangin kalo hal yang paling diatas itu terjadi sama gue.Mungkin kalian bisa aja bersikap biasa, tapi bagi gue maupun Ena. Yang hatinya sama-sama lembek ini pasti langsung sedih. Mohon jangan disalah artikan ya, ini kalo mungkin, jadi gue ga bermaksud buat ngedo'ain dia buat meninggal.

Ada hal yang gue sesali sama diri gue, yaitu sifat cuek atau tepatnya gengsi kalo ketemu dia. Gue sebenarnya gamau kayak gini, gue pengen kalo gue bisa nyapa dia. Oh ya, kalem karena sekarang gue juga udah suka sama yang laen. Gatau, mungkin cara move on atau move at itu ya, dengan cinta lagi. Contohnya aja dengan dia yang udah punya yang baru gitu. Dan, kalo mantan gue itu baca ini, semoga dia mau maapin gue deh yang suka males nanya dia atau senyumin dia. Salahin aja muka gue yang lempeng ini, hehe. Dan disini gue gamau milah-milih lagi deh, gue minta maap aja buat semuanya ya.

Oh ya, info lagi nih, si E ini udah punya pacar lagi di SMA nya. Ko gue bisa tau? Iyalah stalker handal hehe.Dan kata temen gue, tadi pagi dia nulis sesuatu gitu di wall facebooknya si E. Kebayang dong, gimana perasaannya...

Nah sekarang gue mau tanya nih, kalian masih musuhan ga sama mantan? Atau ga punya mantan? Hwehehe.
Kalian tau sendirilah ya, sekalipun dia mantan, dia dulu pernah bahagiain lo kan? Kebayanglah gimana kalo udah ga ada. Walaupun sikonnya udah beda, udah milik yang lain misalnya, tapi sayangnya kita sebagai temen pasti ada.

Tidak ada komentar: