Sabtu, 17 Mei 2014

Waktu jadi Tim OSN Sekolah



Kalian tau ga novel al Dhimas yang judulnya SCHOOL: Chemistry? Ah itutuh, sebagiannya ada gue banget lah! Anyway, sebenernya sih gue gabakal bahas novelnya ya, ehehe. Gue tetep mau cerita tentang gue di SMA yang belom gue ceritain ke kalian nih, yaitu jadi tim OSN Sekolah lagi! Ciyelah lagi?

Iya, jadi awal mula kejadiannya udah dari akhir-akhir tahun kemarinlah. Dan rupanya harus berakhir bulan April kemarin. Gue udah jadi Tim OSN sekolah udah 2x. Yaitu waktu SMP sama SMA, dan begini deh ceritanya...
Waktu SMP, disekolah gue emang ada kelas unggulan gitu. Jumlahnya ada 2, dan saat itu gue duduk dikelas 8A atau utama 1 (sebenernya gue suka-ga-suka sih ada kelas unggulan tuh, berasa di strata-in). Singkat cerita, rupanya yang dipilih itu kebanyakan dari kelas utama. Akhirnya, tiap guru mapel olimpiade pada nyari deh tuh. Nah akhirnya tiap mapel dipilih 10 anak kalo gasalah, dan gue ikutannya matematika. Udah pembinaan-pembinaan gitu ya baru di seleksi, terus gue masuk 3 besar. Nah, mulai pembinaan-pembinaan lagi. Dulu mah sedih banget, waktu smp rumah jauh gitu, angkot kalo sore udah jarang. Tapi ikhlasin aja deng demi olimpiade ini.

Dah gitu hari H pun tiba, beruntung gue jadi tuan rumah jadi ga begitu takut sama suasana mencekam sekolah lain. Pertamanya biasa sih upacara pembukaan gitu. Nah baru deh udahnya kita masuk ke kelas, dan selama 180 menit itu gue berkutat sama angka-angka yang hoalah-hoilih. Begonya, kan matem itu ga ada sistem minus. Tapi pas essay singkatnya gue ga ngerjain semuanya. Padahal isi apa aja kek, yaaa.

Dari SMP gue yang menang cuma fisika-sama adek kelas itu juga- juara 2. Tahun kemarennya juara 1 matematikanya ada di sekolah gue, -secara ga langsung itu kayak tekanan sih buat tim math- dan betapa kagetnya saat tetangga sekolah gue yang menang, yang notabene kualitasnya jauh dibawah kita gitu.Yah, darisitu gue jadi belajar buat ga remehin orang, sekolah, apapun itu, karena Allah maha adil titik. Terus apa lagi ya, mapel waktu SMP mah dikit sih ya. IPS juga kan cuma IPS doang. Nah, dari situ entah kenapa gue ngerasa guru matem gue sedikit berubah... mungkin kecewa iya. Dan betenya, gue gadikasih tau, gue berada diurutan berapa sekabupaten tuh. Sampe sekarang deh, penasarannya.


Oke, sekarang kalian udah tau masa SMP gue, saatnya masa SMA dimulai..
Waktu kelas 1, pas tau ada seleksi olimpiade lagi langsung deh radar gue nangkap cepat. Setelah menimang-nimung dengan yakin gue memilih Matematika sama Biologi. Dan sampe sekarang gue inget banget sikonnya gimana waktu seleksi tuh..

Waktu matematika, sore-sore gitu, sempet ada kabar mau di undur besok, karena gatau itu udah nunggu lama-lama tapi ko belum dimulai aja. Kemana gurunya juga? Dan akhirnya setelah hujan turun dan masih gerimis, soal matem yang berjumlah 10 itupun sudah berada didepan mata gue. Ah, gatau kenapa itu ada soal smp tapi ko gue gabisa ngerjainnya. Ah, entahlah.. Liat ke nomber yang lain lagi, ko aneh ya.. berasa ga bersahabat nih soal. Lalu muter-muterin rumus. Malah ga kebaca. Huh. Sebelumnya gue ngitung dulu tuh ada berapa peserta. Dan.. 40. OKE, ada 7 orang yang bakal masuk seleksi tahap 2. Semogaa...
Dan besoknya, gue ikutan Biologi. OMG itutuh uraiannya suruh ngejelasin apadah. Terus selain uraiannya yang ada tentang hereditas (omg ini materi apa) pesertanya juga bejibuuun. Yaudah abis ngerjain itu cuma bisa ngelus dada sendiri aja.

Agak lama, gatau deh berapa lama. Sebulan kali yak, hasilnya ditempel dan yah, mungkin belum saatnya. Matem, goodbye! Tapi entah kenapa untuk pelajaran yang satu ini, gue selalu suka sama pelajaran ini, walopun gue pernah dikecewain sama pelajaran ini atau sama guru yang ngajar pelajaran ini. Walopun dulu juga pernah nilainya bete maksimal saat diajarin sama guru yang satu itu. Hmm, tapi, gue selalu cinta lo kan Mat, yakan?
Setelah tau persaingan di Matematika dan Biologi kayak gitu. Rupanya gue kepincut sama yang  serupa sama si Math, yaitu komputer. Lah, komputer kenapa sama kayak matem? Actually, OSN komputer itu kayak belajar bahasa. Hoahaha iya bahasanya bahasa komputer  yaitu pascal. Nah yang gue suka itu, matemnya ga sedewa kayak matematika. Biasa disebut Aritmatika gitu. Jadi banyak tentang logika, kombinatorika, sifat bilangan, sama apalagi dah, fpb/kpk dan lain-lain.

Anyway, gue paling benci kalo pas pelajaran TIK (gue angkatan ktsp terakhir ya) dicie-ciein atau gak di omongin yang nadanya tuh kayak sarkasme gitu. Helooo, materinya aja beda ya. Olimp Kompi itu bukan tentang excel, jaringan, website, deelel. Aneh juga sih ya, yang excel, ppt, sama word kenapa masuk ke kurikulum, padahal yg kayak gitu sih otodidak juga bisa ko, yakan? Tapi yah, gue yakinin kalo sebuah ilmu itu semuanya ada manfaatnya. Tapi emang sih kalo belajarnya programming terus, itu kan bikin bete orang yang gasuka (kayak gue), dan oh iya ditiap sekolah pasti punya ekskul tentang IT gitu kan? disekolah gue juga ada, namanya BIOS. Dulu sempet minat masuk karena kakak gue ikutan juga, tapi ya gue udah suka banget sama jurnal hoho. Oh iya, selain olimp komputer ada matemnya, gue juga berdasar petimbangan kalo persaingan di sekolah masih dikit gitu. Tapi pas seleksi tahun kemaren tuh pas gue ikutan, kok jadi banyak ya...

Akhirnya pas bulan oktober-an kan mulai ada pendaftaran lagi, awalnya gue udah fix mau komputer sama Matematika (teteup aja deh, kekeuh nih). Eh ternyata, jadwal berkata lain..
Seleksinya barengan dan gue gamungkin dong ikut kesana lalu kesini. Enggak, gue bukan tipe cewek yang mau dibagi 2.

Ditengah pergalauan sengit, antara suka dan liat daya saing. Akhirnya, gue putusin buat ikut komputer dan bidang lain yang gue pilih ialah... Geografi. Oke, gue anak ipa, tapi gada salahnya kan, karena dulu waktu kelas 1 gue tertarik ama pelajaran ini, ama gurunya juga yang super bikin bete anak-anak sekelas dan seangkatan gara-gara remedial massal. Hahaha.

Pas seleksi komputer, gue liat ini kok banyak anak cowonya, kok banyak yang pake kacamata, kok banyak yang pake jaket BIOS, banyak kelas satunya pula kelas 2nya juga.. dan ini berapa kelas, 2 atau 3 nih. Widiih ko banyak banget, engga deng setelah diitung cuma sekitar 50-60an.

Emang sih seiring banyaknya informasi kalo komputer itu adiknya matematika, banyak anak-anak matem yang pindah jalur kesini. Kalo masalah programmingnya sih, biasanya mereka dibelakangin. Pernah kasusnya, yang 2 tahun kebelakang, kakak kelas gue kalah sama anak yang ngegantiin anak yang seharusnya OSN di bidang kompi. Taudeh itu keajaiban darimana si anak yang negantiin itu jadi juara 1. Wedeh. Well, soalnya kan kalo OSK itu ditesnya masih tulis, cuma pas provinsi doang live ngoding.

Dan, gue juga sebenernya ga punya banyak basic soal programming/algoritma, gue cuma modalin dari aritmatikanya. Dan, sebel juga waktu kelas 1 karena beda guru, beda cara ngajar juga dan ga kebagian ilmu lebihnya. Nah, besoknya itu Geografi. Disana udah lumayan yah familier muka-muka anak ips. Mereka pada ngapalin gitu. Lah gue, bukunya aja kagak punya, jadi ikut-ikutan nimbrung aja deh. Pas udah mulai, jujur, pas liat soal ini ko kayak baca pertanyaan dari RPUL, ya? pengetahuan umum semua, ada kayak PBB, letak wilayah, terus tata letak kota. Beruntung sih, gue agak baca-baca soal osk tahun kemarin dan beberapa muncul. Huahaha.

Lama juga, agak lama. Sebulan (lagi) mungkin. Pengumumanpun ditempel, saat itu gue lagi di mushola, abis sholat dhuha.
"Fut, kamu masuk dua-duanya loh, cieeee!" kata siapadeh ke Futri; temen sekelas, temen seperjuangan dari kelas satu.
Gue cuma nyimak. dan abis itu gue memastikan kesana sendirian. Lalu gue liat baik-baik, dan diem. Ya Allah!
Di komputer gue pertama coy dan alhamdulillah, geografi ternyata masuk juga, ke empat. Gue liat futri, dia juga sama masuk dua-duanya. Setelah kelas 1 kita berdua ga masuk manapun akhirnya kelas 2 ini dia masuk Astronomi sama Kebumiannya!

Abis gitu ya dikumpulin, dan dikasih tau jadwal pembinaannya. Rupanya buat ke seleksi tahap 2 dibinanya sama kakak kelas dulu yang kemaren ikutan, dan kemaren di bidang komputer itu sekolah gue dapet juara ke 2 kabupaten. Kalo Geografinya belom, apalagi bidang itukan baru banget masuk dibidang OSN. Nah beda sama tahun kemaren, pas tahun gue tuh rupanya dari dinas ngadain pelatihan olimpiade gitu, jadi yang dari sekolah gue -secara sekolah favorit kabupaten- semuanya ikutan, yang waktu tahap 1 juara pertama disuruh ikutan. Kalo gasalah 4 hari deh. Seru sih, sekelas 4 orang -berasa privat, tapi engga-, belajar lagi. Tapi gue baru sadar, ga ada dari sekolah boarding yang di undang di bidang komputer. Duh!

Singkat cerita, seleksi tahap 2 bentar lagi deh. Dan kita disuruh milih tuh yang udah masuk 2 bidang. Akhirnya gue milih ke komputer, dan setelah test seleksi, nunggu, dikumpulin dan pengumuman lagi. Dipilih 3 dan gue berada diurutan kedua. Hmm, gue saingan sama ketua BIOS nya sih. Dah gitu kita pembinaan, sekarang sama gurunya. Guru matematika berbasis komputer, halah. Iya. Jadi, emang banyak yang bilang kalo ngajar beliau ini tuh pasti berbasis bahasa komputer aja. Katanya sih pernah ngebahas angka nol yang identik di algoritma. Beuh! Dan emang beliau itu dosen Teknik Komputer. Pada akhirnya, pas pembinaan sama beliau ini gue banyak belajar bahasanya (iykwim) kalo matemnya udah lah, dikit pisan. Dan, gue merasa beliau ini yang pas awal sangar banget, kata-katanya jleb, makin kesini makin lembut, entah ga peduli. Dan itulah, yang bikin gue kecewa sama diri sendiri.
Sebelum olimpiade, tanggal 26 april itu malah karyawisata gitu ke yogyakarta. Duh jadi deng kena buslag. Kalian taulah dari tanggal 1-3 april itu mulai olimp. gue kebagian hari kedua.
Dan pas hari H tiba...

Segalanya campur aduk, jadi nervous banget dan gatau kenapa efeknya kerasa banget pas abisnya itu pusing.

Hal yang paling ga mau ditunggu-tunggu adalah nunggu hasilnya keluar. Gue emang optimis dulu aja masuk 3 besar, eh pas denger rumor kalo dari bidang komputer ga ada satupun dari sekolah gue yang masuk. Apalah arti menunggu, kalo kayak gitu. Tapi, ada baiknya sih denger rumor kayak gitu, jadi kalo misalnya bener, hati kita udah terbangun tembok lagi setelah dinding hatinya roboh. Yah, meskipun bisa aja dindingnya roboh lagi, gegara kenyataan emang bener begitu. Well, gue ga masuk 3 besar. Tapi... ternyata gue berada diurutan 4. Beda berapa poin? agak jauh sih 6 poin. Yang juara 3 dapet 40, kalo gue 34. Dan gue pun flashback, gue inget, meskipun ada sistem minus, gue terlalu yakin ama jawaban yang ketemu tapi gatau dari mana asalnya-_- Iya, itu mungkin salah satu kesalahan gue di OSK kali ini. And FYI aja, juara 1 sampe 3 nya itu semuanya dari satu sekolah, sekolah boarding! Iya, iya, inget beberapa paragraf diatas kan? hmm. Oh iya, di geografi juga sama, paling mentok di juara 4. Jadi pengen ketawa dulu deh..
tim hari kedua

Yup, mungkin segitu deh ceritanya. Gue mah sih postif thinking aja kali ya, mungkin kalo gue nanti lanjut provinsi, tanggal 2 ama 3 nanti gue gabisa liat running man ke Indo dong. Hoho. Anyway, gue ucapin selamat buat Tim OSN SMAN 1 Subang yang terus berjuang sampe provinsi, semoga bisa sampe Nasional juga ya! Dan buat semua tim OSN-ers lain di bidang komputer, dan semuanya deh tetep semangat ya! Go Get Golds~

Tidak ada komentar: