Jumat, 11 Desember 2015

Me VS ITB and UPI



Ya Allah! 

Oke langsung aja ya, ceritanya tanggal 6 Desember kemaren aku mau ikutan seminar di ITB yang diadain sama HIMATIKA-nya. Tapi dari h-3 udah gak ada sms konfirmasi aja, sampe akhirnya h-1 aku memutuskan buat balik aja ke Subang. Aku udah gak peduli kalau misalnya terdaftar jadi peserta pun aku gabakal ikutan seminar. Dan pas malamnya si aku dapat sms konfirmasi, isinya:

[MathEx] Maaf Syifa Syafira Alghifari, Anda belum terpilih untuk menjadi peserta seminar mathex 2015 tp anda masih dpt datang pada pameran karya Mathex pd hari minggu 6 des 2015 pkl bla…bla..blaa

Udah males bacanya.

Berasa ditolak lagi.

Dan segala hal tentang ITB seolah bikin aku hilang mood. Oke sejujurnya dulu waktu pendaftaran ulang sbmptn di UPI, aku sempet berniat buat nyoba lagi taun depan buat ke ITB. Tapi ada kakak tingkat yang bilang gini, “aku juga dulu sempet berpikir gitu, tapi ya akhirnya udah aja disini.” Aku dulu sempet mikir, ah kakak ini kena comfort zone kali ya.. well, gak gitu rupanya! Aku jadi ngerti kalau takdir itu dan campur tangan Allah itu ada. 

Aku paham sendiri sama diriku sendiri. 

Bahwa aku masuk ke ‘sini’ adalah sebuah takdir. Di sini aku ikutan ukm kabumi, yang karena ada alasan tertentu lah yang ngebuat aku masuk sini, dan sebenernya ini sejalan juga sama keinginanku punya kemampuan di bidang seni. Selain itu aku ngerti bahwa aku cocok pada lingkungan seperti ini, tapi aku juga gamau terjebak comfort zone yang aku coba hindari dengan mengikuti kegiatan apa dah. Selain itu aku juga merasa bahwa apa yang aku keluhkan soal ‘upi yang gapunya hal yang eerr…’ susah deh jelasinnya, intinya aku seneng banget saat landmark UPI udah jadi! Yaitu Museum Pendidikan.
Landmark telah dibangun! (sumber: berita.upi.edu)
 Aaah, senang sekali. Sayangnya aku baru nyampe luarnya aja, pokoknya nanti aku sempetin deh buat kesana dan ngulas isinya. Oke keluhan lainnya, aku sebel sama UPI karena desain poster atau apalah itu suka ga ‘lucu’ dimataku. Intinya aku kesal, apa mereka gak gatel dengan visual yang demikian? Dan, kemarin-kemarin si aku malah disuruh buatin poster buat suatu acara di BEM departemen. Allah keren banget deh, ngebiarin aku yang terjun langsung. Hehe. Well, aku bukan desainer grafis handal, aku ini masih miskin ilmu desain. Itu semua hanya bermodal moody aku aja. Jadi Alhamdulillah kalau banyak kritikan dan komentar yang membangun, aku suka! Selain itu dulu aku sebel ke UPI soalnya pas ospek kampus gak pernah bikin logo apa kek gitu, kan kalo ITB, UGM pas aku liat di video dokumenter ospeknya lucu-lucu gitu lah. Hingga akhirnya, terkabul! Akhirnya diakhir acara ospek-ospekan itu bikin juga semacam itu. Agak speechless, seolah-olah ditunjukin aja kalau kamu tuh disini aja, kamu itu bisa penting disini.

Dan banyak lagi, yang artinya, kalo aku harus ngulang dari awal, jadinya gimana?
Emang kedengarannya pengecut banget, haha. Tapi terserah dah, karena aku inget lagi sama mimpi Pak Kadarsah. Yaap, pokoknya aku bakalan S2 di Luar Negeri, dan pengennya sih di KAIST, Korea Selatan. Wuhuuu semoga bisa ketemu anggota Running Man disana! Haha. 

Oh ya, waktu bulan November kemarin aku liat ITB Insight, berasa dejavu waktu liat Pasar Seni ITB. Aku emang masih baper kok sama ITB (apalagi sama cowoknya, haha) tapi aku tau itu baik saat aku lengah disini. Biar aku bisa terus terpacu buat wujudkan mimpi-mimpi aku yang lain. Aku berharap semoga UPI dengan khasnya di Pendidikan bisa terus unggul, gak hanya Nasional tapi Internasional. Dari mokaku aku tau bahwa UPI itu yang paling keren dibidang pendidikan. Saingan yang jadi pembanding UPI itu cocoknya UNJ, UNS, dan ikip-ikip yang sudah berubah jadi universitas saat ini lah. Soalnya gak fair juga kalo disandingkan sama UNPAD yang kagak punya fakultas pendidikannya, yakan? Tapi aku juga masih bete sih, kan di UPI pun ada prodi nondik, semacam Matematika, Akuntansi, Biologi, Ilkom dll, tapi emang akreditasinya agak jauh sama universitas-universitas tetangga. Intinya, UPI harus mulai serius lagi ngembangin output yang nondik nya juga, soalnya takut kalah saing sama si tetangga ini. But once again, kalo soal pendidikan, akreditasi prodi pendidikan di UPI udah pada A. Udah ah juara, insyaAllah! 
Note: ini cuma curhatan, jangan komentarin EYD-nya ya, haha. Don’t get things to serious, babe.

Tidak ada komentar: