Jumat, 12 April 2013

Ekskul apa ya?

Pas pertama jadi anak baru pasti kita dikenalin sama berbagai macem hal-hal di sekolah baru. Salah satunya, ekstrakulikuler(ekskul). Di setiap sekolah, pasti sudah menyediakan berbagai ekskul yang pastinya bakal bermanfaat banget buat murid-muridnya. Nah, mungkin bagi orang yang udah tau minatnya pasti dong bakal langsung nentuin ekskul yang akan dipilihnya.

Sekarang aku bakal cerita tentang ekskul yang ada disekolahku, yang banyak banget jenis ekskulnya. Sampe akhirnya, aku cuma milih satu ekskul karena takut banget gabisa ngatur waktu. Tapi, buat kalian yang emang demen belajar diluar kegitan KBM dan doyan buat berinteraksi sama dunia luar, boleh banget milih lebih dari satu. Asalkan masih bisa ngatur waktu dengan sebaik mungkin aja.

Oke deh, nih, cara milih ekskul yang gampang:

  • Minat
  • Liat ekskul yang terkenal di sekolah kamu
  • Liat populasi orang yang masuk ke masing-masing ekskul


Oh ya, Ini dia daftar ekskul yang ada di sekolah aku; di smansa,

  • Osis (Ini sih, lebih ke organisasi ya, jadi emang dipilih dulu siapa aja yang mau jadi anggota disini. Disekolahku, cara pemilihan anggotanya sih dengan cara ngambil 5 orang dari tiap ekskul, terus entar disaring lagi sama BPH (Badan Pengurus Harian) OSIS. Oh iya, kalo ada rumor yang ikutan LDKS bisa langsung jadi OSIS. Itu cuma MITOS yaaa. Soalnya gue.... *mikir sejenak* skip. Nah, kalo jadi anggota osis ini emang sih harus ikutan LDKS dulu, biar enak soalnya dasar-dasarnya kan emang dari situ. Dan inget ya, harus bisa ngatur waktu kalo kamu emang pengen banget ke OSIS. Disekolah manapun OSIS itu ya pasti sibuk. Dan kalo tentang ketenaran sih, tergantung di sekolah masing-masing aja+se aktif apa kamu di organisasi tersebut! [@osispksman1sbg])
  • Passmansa 204 (Ekskul paskibra ini yang -paling- banyak nyumbang piala ke sekolah. Secara lombanya juga banyak ye? hehe.Dan ga salah lagi, ekskul ini jadi ekskul favorit disekolahku. Apalagi diliat dari kekompakan mereka dimanapun dan kapanpun, wuih salut deh! @passmansa_204)
  • Padmanaba & Ganpadma (Pramuka di sekolah aku. Ga kalah seru kok, dan nyumbangin piala terus  ditiap lombanya.@DASmansa)
  • PMR Wira patut (Buat yang suka tentang dunia medis. Disini kalian bakal ngerasain enaknya adem-ademan dibawah pohon disaat orang-orang panas-panasan upacara. Haha aku ga salah ngomong, kan? Nah, kalian juga bakal ngebantu pas ada acara donor darah di sekolah. Pokoknya keliatan banget deh seru! @patut204)
  • Jurnalistik Titik Hitam (buat yang suka kepo, pengen banget modus, suka sama press, dan suka sama akuh. Hahaha. [@Jurnalsmansa])
  • Bengkel Sastra (buat yang suka seni dan sastra. Udah beberapa tahun terakhir ini, anggotanya yang paling banyak -meskipun ga kalah banyak sama paskibra-. Favorited deh. Disini terdapat beberapa divisi. Lupadeh, divisinya apa aja. Entar aja ya di update. Oh ya, ekskul ini yang paling sering ngadain acara loh, macem-macem deh. Seru.@bengsasHP)
  • Rohis As-shalihin (Organisasi buat yang ingin mendalami tentang agama islam. Ekskul ini gawl loh, dan banyak juga acaranya. Rame deh)
  • Paduan Suara (Ekskul ini, sering banget diundang sama Pemda buat ngiringin upacara lho! hasil suaranya juga keren banget, pasti bikin kalian merinding pas pertama kali denger. Pokoknye, cool! hehe[@padussmansa])
  • Bios (Buat kalian yang suka sama IT, belajar programing dan ngoprak-ngoprek hardware komputer[@BiosSmansa])


  • Pegasus Astro Club (Ekskul ini buat anak-anak pecinta astronomi. Diperuntukkan untuk semua orang yang pengen banget ikut olimpiade Astronomi. Oh ya, suka ada event Sky Party loh, itu tuh, acara malam minggu buat ngeliatin benda langit di malam hari.[@astronomSMANSA)
  • Sakas (Ekskul karawitan, yang terdiri dari anak-anak yang nabuh alat musik sama penari tradisional nya. Ekskul ini ga kalah seru sama ekskul kesenian lain. Karena tiap ada acara kesenian, ekskul ini pasti jadi pengiring acara.[@sakasSMANSA])


  • Cheers Oners (Ekskul buat kamu yang suka dancing atau joged. Suka ikut lomba-lomba juga loh, dan sering juga tampil di acara sekolah. Keren deh, ga upay kaya di sekolah laen. hehe onerssmansa
  • PA Wanaputra (Pecinta Alam; punya kegiatan naik gunung tiap bulannya. Rame deh kayaknya, oh ya jangan takut bagi yang cewek. Angkatan aku juga ada ko yang masuk ekskul ini. Bebas deh, siapapun boleh masuk ekskul ini.)
  • SEC (Smansa English Club; keren. Pada jago ngomong inggris. Kalo yang ngerasa gabisa inggris, gausah minder dulu, karena disini juga kita pada belajar ko. Jadi, kita belajar bareng juga. Oh ya, lumayan loh kalo ada PR bisa konsul juga sama kakak-kakak nya :D)
  • Sport (Futsal, Basket, Karate, Silat, Renang, Badminton. Dan banyak lagi ekskul yang berkategori olahraga. Ga cuma diakademis, di non akademis pun sekolahku juga berprestasi loh! )


  • LOTER (Lorong Teater; buat kamu yang suka akting, dan jadi produser dibalik sebuah pentas drama. Ada 2 divisi. Yang satu yang berada di atas pentas, dan yang satu dibalik panggung. Keren deh, pokoknya!)
  • SCA (Smansa creative art, adalah ekskul yang diperuntukkan buat kamu-kamu yang suka ngegambar dan seni lukis, gambar lainnya. Ekskul ini punya mading khusus loh buat majangin hasil karya nya!)
  • Jappanes Club (Buat yang suka all about japan! : @smansacreativeart)
  • KIR (Kelompok Ilmiah remaja, ini udah ga dikelompokin jadi ipa-ips. Semuanya nyatu. Agak meredup, gatau kapan ekskulnya. Hehe. Etapi, lupa juga gimana info ekskul ini teh)
  • KSS (Konservasi sekolah, ekskul ini juga gatau kapan jadwalnya. Kalo ada sih, agak kepengen juga._. [@KSS_Smansa])


Pengalaman ekskul lo, apa aja sih, sip?

Waktu SD sih belom ada ya, masih sering nganggur nya.

Masuk SMP
Nah pas SMP, aku ikutan ekskul:

  • KIR Matematika: Lumayan loh, alhasil karena ekskul ini, jadi pinteran gitu matemnya. Haha. Padahal awalnya karena gatau mau ekskul apa. Tapi, alhamdulillah, ada banyak manfaatnya. Aku ikutan ekskul ini, sampe tamat kelas 3 loh. Walaupun pas kelas 3 nya ga konsen karena kelasnya disatuin sama kelas 1 sama 2. Biasanya sih, tiap tingkatan kelas masing-masing gitu.
  • PMR : Pertama kali ikut ekskul ya ini. Selain, ke matem dulu. Udah adem ayem, eh pas disuruh nginep disekolah buat pelantikan anggota. Aku ga dateng. Padahal aku udah bayar tuh uang baju anggota. Dan, kalo gaikut pelantikan ya, gabisa jadi anggota. Padahal, itutuh cuma MITOS. ya boleh ajasih, tapi karena akunya keburu males. Yaudah keluar. Mungkin cuma 4 bulanan ikut itu.
  • Pramuka: Nah, pas mau kelas 2 mungkin agak free ya. Yaudah nyari kesibukan lagi. Ikutan ekskul ini. Ekskul yang ternyata, asalnya sih aku pikir ekskul ini tuh ga asik, cape-cape, bikin item. Ternyataaa.... banyak banget manfaatnya, guys! Bikin aku makin disiplin, oh ya enaknya ngerazia temen waktu hari sabtu, dan persami tiap tahunnya. Aku ikutan ini dari mau kelas 2 sampe kelas 3 bulan septemberan gitu, lupa. Atau jangan-jangan dari mei, karena eh karena ada suatu hal yang bikin aku keluar dari situ. Huhu. Okelah, aku anggep ini ekskul yang paling lengkap. Opini gue, osis itu keren tapi, ga sekeren pramuka. titik.
  • KIR B.Inggris: Ini karena pindahan dari KIR Matem. Sebenernya, sebab pindah itu, karena guru matemnya gaasik. Hehe, beda sewaktu kelas 1 sama 2. Di ekskul ini, ramee pokoknya. 
  • Osis: gue pernah sih ikutan. Tapi, hasilnya...... 


Pas SMA,
Aku cuma ikutan ekskul Jurnal. Tapi, aku udah cintaaaa banget sama ekskul ini. Huhu, lumayan lah buat modusin orang. Wkwk. Serius deh, karena aku emang suka nulis. Serasa di asongin banget pas ada ekskul ini. Dan disini juga, seneng banget bisa ikutan buat majalah sekolah, mading, dan ikut ngeliput acara-acara sekolah.

Segitu deh, hasil evaluasi tentang ekstra kulikuler. Banyak banget manfaat dari kita ikutan ekskul. Cape-cape juga, kalian bakal seneng kalo ternyata ekskul yang kalian geluti itu dikenal dan disukai anak sekolah. So, ayo! berprestasi ga cuma dikelas ko, diekskul juga, cayo! :D

Tidak ada komentar: