Selasa, 10 September 2013

Sensasional gaya gue



Sejak masuk SMA dan nginjek usia 15 tahun. Gue ngerasa, ada hal-hal yang gue lakuin itu jadi sensasional dimata orang-orang disekitar gue. Dan beberapa dampaknya ada yang positif dan ada yang negatif. Wajar sih kalo menurut gue mah. Nah, makin mau ke puncak 16 tahun itu ternyata makin ada aja hal yang bikin gue jadi sensasional. Sebenernya mungkin gue aja yang ngerasa so sensasional, dan orang-orang yang sehari-hari tau gue kayak gimana pasti taulah hal-hal yang biasa gue lakuin. Jadi, pas gue ngelakuin hal 'aneh' mereka pasti ga percaya, seolah dari tatapan mereka tuh ngomong 'Gila, lo berani juga ngelakuin ini?!' dan mungkin bagi orang-orang yang gatau gue sehari-hari bakalan bilang 'biasa aja kali'
Nah ini nih, hal-hal yang menurut gue bikin diri gue sensasional._.

1. Ketauan Blogger
     Waktu itu, saat pertengahan Oktober tahun 2012, gue merenung sambil ngeliatin anak-anak kelas X-1. Gue ngerasa, banyak banget hal unik yang mereka punya, dan gue pengen banget mereka tau apa yang mereka punya itu. Gue ngerasa, ini cocok buat postingan di blog. Dan beberapa hari kemudian, gue memposting ini. Emang sih, dari awal masuk juga kan gue udah sering nulisin tentang mereka dimari. Tapi, yang tentang opini ini memang yang paling berhasil jadi trending topic di kelas waktu itu. Mendadak dong, semua anak sekelas pada minta nama link blog gue. Tanpa permisi, si Tejet -yang emang orang pertama yang gue ajak liat blog- saat itu langsung nyebarin linknya. Sampe ditulis di papan tulis segala! Hahaha. Dan, dari situlah, gue mulai akrab sama anak-anak kelas X-1. Ada juga yang sering request ke gue buat ngposting terus tentang ORION (nama kelas X-1). Di sisi lain ada juga yang bete. Mungkin, karena opini gue yang hehehe, terlalu memojokkan dia. Sorry ya bagi yang ngerasa._.
2. Jago Nari. Masaa?
     Mungkin kalau tidak salah, September akhir itu gue ngikutin diklat Jurnal. Beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi, yaitu: bikin name tag yang unyu, bikin mic se-kreatif mungkin, dan yang terakhir.. bikin video lypsinc yang lagunya itu harus lagu Sunda. Kita disuruh nyari temen sekelompok buat diklat, dan akhirnya masing-masing ada yang 2 orang dan ada juga yang 3 orang. Gue termasuk yang 2 orang. Iya, waktu itu akhirnya gue milih sama Fidya aja.
    Beberapa hari, ditengah mepetnya jadwal mau diklat. Gue mikir, 'mic se-kreatif mungkin..' apaan ya? Tuing-tuing-tuing. Dan ketika gue celingak-celinguk ketemu juga benda yang bakalan gue make over jadi mic itu.
Coba tebak apaan? Nah iya, itu! Sisir.
Iya, gue pake sisir yang cembung kepalanya itu. Dan karena harus ada nama stasion tv nya, yaudah kita pasang sterofoam aja di depannya pake bentuk bintang berwarna merah gitu. Unyu deh :3 Mungkin, mic kayak gini bermanfaat banget ya, dikala kita live report dari jalan dan tetiba ngeliat rambut lepek, langsung  bisa kita pake deh bagian belakangnya. Cakep dah.
Nah, lanjut ke name tag yang unyu dan unik. Disitu gue mikir keras tuh, gue pikir gue gamau yang biasa-biasa. Sampe lagu Papatong Koneng menginspirasi kita buat ngebuat nametag berbentuk Capung. Yang akhirnya gambar gue malah keliatan kayak Capung kecampur gen cicak-lebah-kodok. Iya, sayapnya pendek banget kayak lebah. Matanya belo banget kayak kodok. Dan tubuhnya... mirip cicak dipotong kaki sama ekornya. Sedih. Gue emang payah soal gambar.
Itu dia capungnya. Mulutnya, jolie abis lah~
     Terakhir video lypsinc . Kita berdua mulai menimang-nimang lagu apa yang cocok kita coverin lypsinc-in, sambil liat lagu-lagu dari koleksi si @fidyaish yang nyunda abiess waktu itu. Pas udah dapet lagunya, kita langsung janjian bakal ketemu di Aula sekolah dan disanalah kita mulai beraksi. Well, sebenernya saat itu kita itu beberapa kali ganti lagu (Contohnya lagu papatong koneng tadi) dan ganti kameramen sampe akhirnya gue berterima kasih sama Alzahra yang mau bantuin ngerekam aksi gaje kita berdua. Dan lagu yang kita pilih pada akhirnya adalah Kabogoh Jauh.
Boga kabogoh jauh
Mentas laut leuweung gunung
Tapi apel teu bingung
Cukup hallo na telepon 
....
      Sore yang syahdu, keringat yang menetes dari ketiak ke seluruh tubuh menjadi bukti gue kerja keras joget 'aneh' ke kanan dan ke kiri. Terlebih disitu gue sebagai pelatih gerakan. Gue yang ngeinstruksiin gerakannya. Kayak gini:
                'Kalo tangan gue kesini, lo ke sana ya. Terus jangan lupa gerakin tangannya ngeliuk-liuk kayak gini.'
                Fidya nurut-nurut aja. Gatau kali ya, saat itu gue lagi ngerjain dia. Wkwk.
Setelah berulang kali rekam-joget-stop-liat-malu-rekam-joget-stop-banting notebook- gue dan Fidya pun berhasil dapetin 1 video eksklusif para penari (bar) yang saat itu gasadar kalo mereka masih pake seragam putih abu.
Hasilnya gimana? Lihat link ini

Hasilnya gue dan Fidya pas diklat dapet buku dong karena predikat baru 'pasangan joget terheboh' Lah, gue mikir 'kan disuruhnya lypsinc ya?' Padahal saat itu gue ngerasa banyak banget vokal yang salah. Gue cuma utamain satu; gerakan! Dahsyat kan? Ga cuma penghargaan, pas pertama kali ditayangin lagi di depan anggota lain semua pada ngakak ga nyangka gue bisa seheboh itu. Kakak kelas juga pada ngomongin gue gitu. Iya, gitu.
3. Nyalonin jadi Ketuplak
    Edannya pas awal bulan September 2013. Ini yang paling bikin gue curiga: Apa di dalem tubuh gue ada 2 orang yang berbeda. Yang disaat sadar bisa lemah lembut, dan disaat ga sadar bisa nekat 'banget'.
Gue rasa engga. Soalnya, gue masih bisa ngerasain perasaan malu sesudah kejadian itu.

Begini ceritanya, hari Rabu, 4 September 2013 pas abis pulang sekolah, sahabat gue si @ernaneovita uring-uringan sambil seneng juga mukanya. Gue langsung nanya dong kenapa, dan ternyata dia kepilih buat jadi panitia LDKS tahun ini perwakilan dari ekskul Bengsas. Gue nelen ludah. Ngiri. Dan langsung mikir ke ekskul gue -Jurnal- apa emang engga ada ya, yang wakilin dari ekskul gue?
Kenot yang langsung juga nyerita ini itu, yang kata dia kalo dia diharusin buat nyalonin jadi Ketuplak LDKS tahun ini. Dan dia disuruh buat bikin Visi Misinya buat diperiksa besok. Iya, besok! Tau dong, gimana uring-uringannya dia. Gue juga bingung. Gue kan belom pernah bikin Visi Misi yang resmi kayak gituan, dan dengan niat dari hati aja gue tolong dia. 
Kenot ikut bikin Visi Misi di rumah gue, pake notebook gue, pake internet gue. Oke keliatan banget gue ga ikhlasnya._. Setelah browsing dan mikir kesana-kemari, kenot dapet juga Visi Misi nya. Gatau lupa Visi Misinya apa aja. Jujur gue bingung, ini kan cuma mau jadi Ketua Pelaksana suatu acara, kenapa harus apa Visi Misi? Yah, mungkin gue aja yang gatau aturan. Pengennya simpel-simpel jadi. Hehehe. Sebelumnya si Kenot nanya dulu ke gue, siapa yang kepilih di jurnal? dan gue cuma mangap.. engga tau deh.
'Gatau, Na,' jawab gue seadanya. Seperti biasa, dia langsung nyemangatin gue dan berharap kalo gue juga kepilih supaya bisa bareng. Malemnya waktu gue smsn sama Teh Nira, ngomongin mading mungkin waktu, nyinggung juga tuh soal ini. Dan gue pun langsung bilang 'Teteeh, aku daftar yaaaaah'
Besoknya, entah kenapa hari itu semua orang terlihat sibuk. Semua ekskul pada manggilin anggota-anggotanya. Dan pertanyaan itu pelan-pelan terjawab.
Pulang sekolah calon panitia LDKS berkumpul di Aula untuk memilih Ketua Pelaksana, dll.
Gue liat jam, saat itu masih jam 11. Kata sang mpu jurnal, kita kumpul pas istirahat ke 2. Gue masih nyante-nyante ga puguh. Abis itu sepulang sekolah, akhirnya, semua anggota jurnal kelas 11 kumpul didepan kelasnya Teh Nira. Kita yang mau ikutan jadi calon panitia daftar dan langsung divoting. Gue degdegan, dan ngarep-ngarep ngarep. Tapi, nyoba ikhlas ga ikhlas ga kalo ga kepilih. Hasilnya?
SYIFA seri sama NINDA. Bingung nih, nyari deh 1 orang kelas 12 lagi, dan ketemunya sama a Reza. A Reza nanya dulu, mana Ninda teh yang mana? Sontak gue langsung nyari juga.. dan gaada. Gue ga liat dimana dia, sementara saat itu gue ngumpet dibalik tembok. Sekarang A Reza pun nanya lagi, Yang mana Syifa teh? *kemudian ada yang nunjuk ke gue* 
Oh yaudah si Syifa aja.
Kalimats sesimpel itupun akhirnya keluar! Bledaaaaag, bleduuug. Fireworks.
Gue seneng bukan main, akhirnya bisa nemenin Erna juga. Bareng lagi :'') Allah emang baik. Nah, saking senengnya, gue lupa tuh malah diem aja sementara Teh Nira, Erna, Teh Intan dll udah pada jalan mau ke Aula. Gue pun diteriakin,
'Heh sini, malah bengong.'
Gue ketawa-ketawa bego. Sambil jalan Teh Nira tiba-tiba bisikin sesuatu sama gue, 'Pokoknya harus masuk Panitia Inti aja!'
HAAAH? Jadi gue juga harus Visi Misian gitu?
Gue masih bingung, di mindset gue udah gini, 'Jadi yang nanti panitia inti (Sekertaris-Bendahara) itu orang-orang yang ga kepilih dari calon Ketuplak-waketuplak'
Mindset itu masih belum berubah, sementara itu gue bingung. Mungkin orang-orang udah pada nyiapin Visi Misi, dan pada jago ngomong. Lah gue gimana ntar? Gue kan tipe yang harus baca dulu sesuatu. Bingung. Gue cuma dikasih 2 kunci, yang penting tentang kepemimpinan dan ga ada senioritas. Gue diem, pada akhirnya perjanjiannya gini.
Syifa       : Teh, aku nyalonin jangan?
Teh Nira : Entar tunggu lebih dari 4.

Oke, acara dimulai. Dan, langsung deh tuh disuruh maju siapa yang mau jadi ketuplak. Gue mesem-mesem, 'Ga mungkin banyak, engga'

Syifa     : Teh, kalo lebih dari 4 gimana?
Syifa     : Teeeh...
         Teh Nira : Tunggu sampe 6 aja.

Gue diem, ngantongin lagi hape. Ngusap-ngusap layar hape padahal udah bersih. Udah 4 orang yang kedepan. Yaitu; Syifana, Erna, Fadhil, Dede.
Gue nelen ludah, berdoa diem-diem semoga ga ada yang maju. Tapi, suasana terus diperpanas sama mantan ketuplak tahun kemaren yang sekaligus ngejabat jadi ketos.
    'Tahun kemaren mah sampe 10 an da.'
what the....
Tiba-tiba para cowok maju kedepan. Jantung serasa mau copot. Gila aja langsung 3 yang artinya.. UDAH LEBIH DARI 6, WOY! BANGUUUN!!
Gimana ini, gimana? Gue celingukan, dibelakang ga ada Teh Nira. Parah, nightmare nih kayaknya. Dengan modal nekat, tanpa persiapan, mungkin hanya doa. Gue maju ke depan. Ngebuat orang yang kenal gue sedikit kaget. Jujur waktu itu gue senyum juga paksa, guys. Ngilangin grogi.
Sialnya, pas gue maju itutuh terakhir orang yang mau (disuruh) nyalonin jadi ketuplak. Acara lanjut lagi dong, dan saat itu mulai deh Visi Misi. Gue sambil celingukan, nyari Teh Nira sambil terus berjanji abis ini bakal minta royalti harga diri. Dan pas pengenalan gue, pas waktunya gue kedepan. Teh Nira dateng, keliatannya abis jajan. Gatau kali ya ini bawahannya udah gapuguh perasaan udah serasa ngelayang jalan ke atas mimbar~.
"Nama saya Syifa...... Visi saya.... Misi... Saya ingin menjadi ketua pelaksana karena.... (paksaan, tuuuut)"
Jedar.
Dan singkat cerita, di babak pertama pun gue kalah beserta 2 orang lainnya (Syifana sama Ismail) dan yang nyisa tinggal Erna, Fadhil, Dede, Dimas, sama Faros. Gila, mereka kelas berat, bro.
Sampe akhirnya, yang kepilih jadi Ketuplak yaitu Fadhil, wakilnya Dede dan Sekertarisnya Erna. Iya mereka yang 3 besarnya.
Gue jadi apa? Ternyata ga berenti disitu, setelah kejadian yang bikin gue pulang kerumah nangis karena ini dan something. Gue akhirnya masuk Panitia Inti, jadi Bendahara. Alhamdulillah. Dan, dari kejadian itu, gatau kenapa malu kalo lewat kelas 12. Soalnya mereka pada ngeliatin gagapnya gue waktu di depan, jerawatnya gue, muka datarnya gue... Ya Allah :'') Tapi, sekali lagi gue bersyukur, karenas setiap pengalaman adalah guru terbaik! Dan ternyata, nyali gue cukup gede dong. Terbukti beberapa kali ketahuan rok pernah sobek, celana sobek di kolam renang, pada akhirnya life must go on. Gue juga mikir, mumpung masih berseragam pelajar, mari cari pengalaman sebanyak-banyaknya. Walaupun hal itu bakal bikin kamu malu bangetpun. Tapi ingat, jangan sampai nyoba-nyoba yang ga bener, dan boleh saja sih mencari sensasi. Tapi, jangan sampai hal yang kamu lakukan itu justru membuat kamu dijauhi teman-teman. Biarkanlah sensasi itu muncul apa adanya saja. Huhu. Daaah :*



ps: tunggu cerita gue pas ldks nanti sama ulang tahun ter- gue ya. Hanya di bulan September!
 
Source lirik: http://www.bandung.eu/2008/10/lirik-kabogoh-jauh-kang-darso.html#ixzz2fv2IEtzw

Tidak ada komentar: