Senin, 28 Oktober 2013

Banyakin Les atau Organisasi? huft~


Hai eperibadeh, udah lama ga cuap-cuap disini. Alesannya kenapa? Bukan karena ga ada ide lagi sih, hanya saja… males. Yup, kata yang satu itu keramat banget sebenanrnya. Ga boleh disebut-sebut takut entarnya nyangkut. Dan, setelah mengalami beberapa fase metamorfosis selama UTS, Edutainment week (PKS), dan yang paling terakhir-padahal masih ada tugas, remedial, maen- adalah KSS . Dapet juga nih waktu senggang.

Dan kali ini pas banget dateng di hari bersejarah buat kaum-kaum kayak gue ini. Siapa sih yang lupa kalo hari ini ada hari Sumpah Pemuda?

Gueeee.

Lah! Haha, enggak lah ya. Okedeh, sebagai blogger yang sholehah serta cinta tanah air. Kita bahas secara singkat aja kronologis rumusan Sumpah Pemuda.
deathlyfrost.deviantart.com
Alkisah, 85 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1928. Sebuah organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), menyelenggarakan sebuah kongres para pemuda yang berlangsung di 3 tempat  secara bersamaan guys, yaitu pertama di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Lapangan Banteng; Gedung Oost-Java Bioscoop, dan di Gedung Indonesisch Huis Kramat. Kongres ini juga dihadiri oleh 9 organisasi pemuda terkemuka; Jong Sumatranen Bond, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamienten, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi. Dan sebelum kongres ditutup, lagu Indonesia Raya pada didengerin, lalu sesudahnya mengumumkan rumusan hasil kongres.
 Nah yang isinya begini tea nih;

Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia.
Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia,
Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Selesai~ Oh iya, mau ngasih selamat yang tertunda dulu ah, buat anak-anak yang udah pake rok abu-abu. Apalagi buat yang sekolahnya sama kayak gue. Lo, gapernah tau kan perjuangan gue kelas 1 gimana? Nih intip aja dulu. Masa-masa kelas 1 naik ke kelas 2 bener-bener masa yang memorable banget, penuh perjuangan, walaupun masih awal. SMA, kelas 2 di sekolah gue tuh udah masa outside banget. Udah disuruh belajar ngurus ini itu di eksktrakuliker yang dia ikutin, dan total acara yang gue ikutin disekolah ada 6, belum terbagi dari jadi peserta dan panitia. Belum terlalu banyak sih, tapi pengalaman-pengalamannya super duper deh, asyik!

Pernah ga sih, di pikiran kalian bingungin soal “Gue ini harus fokus ke nilai atau organisasi, dikenal guru atau dikenal temen-temen.” Nah, waktu gue buka facebook, nih, sempet ngeliat komentar seseorang yang menggelitik hati, sehingga gue bertanya-tanya. Jadi, gue putusin buat nanya orang-orang hebat dibawah ini.

Teteh-teteh, gimana pendapat teteh soal orang yang:
Ngebanyakin les dari sekarang, terus ga tertarik sama organisasi. Kata orang tersebut sih demi masa depan. :D

Pertanyaan diatas, pertama gue kasih ke 7 orang kakak kelas yang super-super. Jadi, yuk liat apa jawaban mereka..

Yang pertama, ini dari senior gue di Jurnal. Umurnya masih muda padahal, tapi udah jadi kakak kelas.. huhu~
Teh Yulia: Organisasi sama les, sebenernya sih dua-duanya sama-sama baik, terus ga saling bertentangan juga. Cuma, les bakalan ngebantu kita buat dapet angka-angka yang bagus di rapot sama ijazah, itu bakal ngebantu banget buat masuk PT atau nanti ngelamar kerja juga. Sedangkan organisasi bakal negbantu kita buat terbiasa terjun di dunia nyata, kayak ngatur suatu organisasi ato acara, mecahin suatu masalah. Jadi dua2nya bermanfaat ko : )
Me       : Kalo ada orang yang gasuka kedua-duanya, harus digimanain teh? Sama cara nyeimbanginnya cara teteh gimana? :D
Teh Yulia: Duh, gimana ya. Mungkin udah terlalu pede itu mah orangnya hehe. Kalo nyeimbangin mah teteh juga belum bisa sih :D tapi kalau kitanya tekun sama yakin dua2nya bakal bisa kita jalanin ko:D

Keduanya sama-sama penting. Asal ditekuni dan diyakini. Believe and be diligent.

Yang kedua, ini dari Ketua Jurnal (Sang Induk). Paling pertama ngebales, dan paling lama smsn karena paling rajin bales tuh~
Teh Nira  : Bagus sih, tapi kata teteh mah kurang nikmatin SMA hehe. Sebaiknya sih balance ajaaa
Me         : Kan suka ada tuh the yang mikir ‘apa sih SMA, ga ada bedanya. Sama-sama belajar, tugas, dll. Nikmat bedanya dimana?’ pesan teteh apa? (bagi orang yang belum sadar tersebut)
Teh Nira : Hanya waktu yang dapat menjawab haha. Soalnya teteh juga mikirnya gitu dulu, sekarang kerasanya bedaaa jauhhh, jadi lebih berwawasan. Tapi ruginya ga balance sama pelajaran.
Me        : Oke, sipp. Oh iya the kata Pak Yayan-guru B.Inggris gue, nih- mah kan masa kelas 11 tuh kurangin ngomong (dalam arti banyak baca) nah, nah sedangkan disekolah kelas 2 tuh lagi outsidenya banget. Jadinya gimana?
Teh Nira  : Lakuin yang kamu mau, tapi tetap pada batas dan jalur yang baik. Mau coba nakal? Cobain aja. Coba mabal? Cobain aja. Coba rajin? Harus di cobain. Coba tekun? Cobain juga. Pokoknya gimana ya, yah lakuin aja :D

Hidupmu ada di pilihanmu. Life is ‘ur choice, right?

Yang ketiga, ini dari wakil ketua Jurnal, dan yang kemaren jadi ketuplak KSS(Kompetisi Seni Sastra)~
Teh Firda: Kesuksesan kan di dapat bukan dari skill akademik aja, justru kebanyakan yang diperlukan itu kemapuan non akademik kaya memimpin, management, komunikasi. Pengalaman berorganisasi itu penting lho
Me         : Tapikan teh kenapa orang sering ngeliat angka (nilai). Apa-apa ijazah, kayak gitu. Batas wajar kita ikut les organisasi ada ga teh? Biar balancenya gimana?
The Firda: Karena udah jadi adat di indonesia gitu, metode itu larinya ke nilai aja padahal yang namanya nilai mah bisa rekayasa tapi kemampuan engga akan bisa di palsuin kan. Di inggris orang engga sekolah asal punya skill bisa dapet kerja bagus lho. Karena udah jadi syarat yang harus dijalananin. Les mah les aja tapi jangan sampe kutu buku dan nutup pergaulan.

Be smart student at everywhere. Bahwa pengalaman itu akan jadi guru yang terbaik. 

Yang terakhir ngejawab dari ketua Jurnal tahun angkatan 2011-2012. Sekarang cewek ini lagi kuliah di jurusan Fikom, Universitas Padjajaran.
Teh Asmi: Kalau menurut aku, orang itu cocoknya jadi guru dan gak cocok kerja lapangan. Atau siapa tau pernah ikut tapi gasuka sistemnya jadi keluar weh vakum dan males. Organisasi gak ngaruh nilai kok (bagi aku mah), gatau buat yang lain mah.
Me         : Teh, maksud pernah ikut terus vakum gasuka sama sitemnya itu orang yang gamau organisasi?
Teh Asmi: Jadi orang itu pernah ikut ukm awalnya, tapi berhenti di tengah jalan entah karena males, entah karena gak suka cara kerjanya, dan alesan lain gitu.. nah jadi weh lebih milih les da udah keburu males.

Orang yang banyak milih les itu cocoknya jadi guru. Penting buat nyiptain suasana nyaman pada tiap anggota organisasi. Kita kan satu tujuan, jadi jangan biasaain ‘gugundukan’(forum dalam forum) hehe

Ga lupa ada juga jawaban perwakilan temen-temen yang seangkatan gue.

Pertama; cewek, aktif, suka makan, suka seni tapi gasuka gambar, tersangka korban les, dan sahabat gue.
Erna        : Asal lesnya ga bikin cape, soalnya belajar juga ada batasnya, kalo kebanyakan les bisa-bisa otak kita bakalan kelelahan, belum lagi fisik yang harus penuh mendukung. Kalo organisai karena kamu nanya ke orang yang gamau diem, menurut aku penting banget buat latih mental kita buat kepemimpinan, siapa tau kan kita punya usaha dan diurusnya itu perlu tau struktur yang baik dulu kepengurusannya:3

Kedua, cewek ini temen tuker Running Man, nih. Oh iya, sengaja ngirim ke dia soalnya dia les gitu hehe. (pelaku)
Laras         : Kata aku mah.. Setiap orang kan punya hak masing-masing, jadi kalo dia emang ngebanyakin les harus istiqomah dan harus bisa bagi waktu dan jaga kesehatan meskipun ga tertarik sama organisasi. Tapi lebih baik imbangi juga dengan ikut salah satu/ beberapa organisasi agar bisa menambah wawasan ataupun menambah teman:D

Ketiga; cewek mungil yang enak diajak ngobrol, apalagi diajak makan~
Hilda         : tergantung, dari sudut pandangnya. Tapi kalo kata aku sih, les jalan organisasi juga jalan. Jadi ilmu punya pengalaman juga punya.

Terakhir; cewek yang akhirnya sadar seluruh tubuhnya harus segera diselimuti. Orang yang paling sering gue ejek~nghehe
Ninda       : Itu kan pilihan dia ya,  pilihan orang itu nya, yaa biarin aja lah. Tapi organisasi itu lebih penting buat masa2 kaya kita, bukannya banyak orang bilang, di organisasi kita bakal dapetin pengalaman hidup? Buat masa depan kaan itu teh. Terus ada yang bilang, kalo masa2 SMA itu masa pembentukan karakter yg kita banget kan? Ini juga buat masa depan kita. Terus induk jurnal, ibu ikun tercinteeh juga pernah bilang kan, isi rok abu kamu sama hal2 yang positif, belajar emang positif sih. Bermanfaat? Bangetan malah. Tapi percuma aja kalo ga dibarengi sama kegiatan-kegiatan lainyang bermanfaat. Sekali lagi.. kembali ke orangnya mau nagmbil yg ngambil yg mana, yg bermanfaat aja apa yang bermanfaatnya pake telor 3~

Aku ga ngerti telornya. But, yang gue kasih bold itu yang penting-pentingnya. Jadi… udah yuk lewat~ wkwk
 
Ga lupa, gue juga nanya ke adik kelas. Dan dari 3 orang, Cuma 1 orang yang ngebales.
Anak yang satu ini, waktu diklat pemenang cipta artikel. Ngetes otaknya aja ah, hihi~
Roselin    : Hmm… kebanyakan orang sukses terdiri dari orag-orang yang pandai dan pintar berorganisasi. Kata pak Kusnadi mah..
Me         : Terus menurut kamunya gimana?:p
Roselin    : Ya kalo bisa sih di imbangi dua duanya.. Soalnya kalo kita tidak memiliki wawasan yang luas di dalam organisasipun kita ga akan bisa seaktif yang memiliki wawasan yang luas

 Berorganisasi = sudah jelas mereka orang pintar. Pintar bagi waktu, misalnya:)

Well, ga mudah buat nyeimbangin antara organisasi sama akademik. Tapi, jangan nyerah guys. Kalo masalah yang les itu, gue rasa itu wajib kalo kondisi belajar kalian udah ga bener banget. Kalian udah bisa belajar kan dari organisasi/ldks soal membagi waktu, ayo praktekin. Di organisasi juga, kalian bisa nambah temen yang artinya nambah ilmu. Oh iya, emang ada kasus yang mereka udah blank banget di kelas dan masuk les, eh hasilnya? Yang pinter makin pinter yang belum-pinter masih belum-pinter. Sayang sekali memang, banyak orang yang memanfaatkan sedikit sekali ilmu yang mereka dapatkan dibanding mereka mencari terus tapi ga di aplikasikan. Paham engga? Ah syudahlah~

Lalu, gimana dengan kasus orang yang gasuka kedua-duanya?
Yaampun masih ada orang kayak gitu?

Heyloooo, hidup itu sesingkat kamu ngucapinnya guys. Emang kamu yakin hidup kamu bakal berpuluh-puluh taun lagi? Kalo kata buku Been There Done That Got The T-Shirt (B.T.D.T.G.T.T.S) sih ‘Carpe diem! Live your life to the fullest. Dan ambilah semua kesempatan yang kamu temui dan ambil pelajaran seBESAR-BESARnya dari hal-hal yang kamu lewati dalam hidup.’

Jadi kalo emang kamu gabisa dikeduanya, oke kita maklumin aja pilih salah satu aja dan misalnya kamu emang suka akademik banget, nilai kamu ga pengen turun, maka jalan terbaik adalah ambil aja organisasi atau ekstrakulikuler yang isinya tentang aplikasi akademik itu, contoh tuh Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) walaupun emang pada hakekatnya kir itu harusnya tim peneliti, pembuat sesuatu yang baru. Yah, seengaknya, apa yang kamu dapet dari les dan kelas itu bisa dipraktekin langsung. Dan inget, lakukan apa yang kamu lakuin dengan ikhlas, penuh keyakinan, cinta! Insya Alloh ga bakal sia-sia :)

Yaw, mungkin segitu aja yang pengen gue bahas kali ini. Semoga bermanfaat, tetap semangat! 

Note: Thanks buat alumni, sebagian siswi SMAN 1 Subang yang mau dikepoin malem-malem. Oh, iya, buat yang mau nuangin opininya juga boleh banget! Di kotak komentar yaaa..

Tidak ada komentar: