Minggu, 13 Juli 2014

Wasiat buat adik kelas



Ada kabar terbaru nih, karena minggu kemaren abis bagi rapot. Berati gue: Naik. Iyeep. Dan nanti gue menjabat jadi Kakak kelas tertua di SMA. Ah bahagianya:’)
Soal hasil rapot, banyak sih yang naik, banyak sih yang stabil, tapi orang lain juga kebanyakan naiknya jadi gue tergeser deh. Sekarang kita evaluasi yang pentingnya aja.
dari tumblr

Beberapa hari yang lalu gue dapet satu kalimat yang bikin gue berpikir.

Orang yang ngerti itu pasti ngasih respon.


Kadang gue berpikir pas abis pelajaran, atau pas guru nanya ke kita apa kita punya pertanyaan? Dan diem-diem aja. Entahlah, setau hati gue selama ini, beberapa faktornya ada karena
Pertama gugup, kedua males, ketiga ga ngerti sama pelajaran tadi, ke empat takut dikira so’ sama temen. Nah 4 faktor tadi yang mematikan rasa keingintahuan gue, mungkin kalian juga ada yang sama. Tapi emang sih ada yang ga nanya emang udah ngerasa cukup, dan padahal engga. Engga cukup. Itu yang gue rasain sekarang, yang mau kelas 3.  Meskipun gue udah nyoba pengen deket sama guru, buat bisa nanya, dengan cara punya nombernya, tapi tetep aja. Ga terlaksana. Dan bagi guru muda, yang ga sekadar berjiwa muda, dan terlebih melek internet, gue saranin deh pada punya ask.fm kan daripada akun sosmed kayak gitu dipake buat judgesment orang mending dipake e-learning aja. Apalagi pelajaran hapalan. Eh itungan juga perlu.
Oh ya, terlepas dari anggapan kalo gue ga ngehormatin seorang guru. Gue pengen ngasih pendapat aja, ada satu kelemahan guru jaman sekarang yaitu: mereka (sudah tidak) tanpa tanda jasa. Jadi ya keinginan untuk mencerdaskan anak-anak tuh mulai luntur. Mulai perhitungan. Dan juga pandangan bahwa guru itu profesi yang disegani itu udah luntur juga. Dan ada guru yang udah ngerasa cukup sama ilmunya, jadi ga pengen belajar lagi sama yang senior. Nah gitu deh kan? Dan jangan malu buat deket sama kakak kelas (bukan niat modus ye) biar bisa Tanya-tanya seputar lingkungan disitu, cara diajarin sama guru ini, dan beberapa pengalaman yang mungkin bakal mereka kasih ke kalian. Kalo kalian malu buat nanya ke guru, mending nyoba ke kakak kelas. Tapi jgn sampe terlalu sksd ya, karena adaa beberapa kaka kelas yg sensitive sama tingkah polah  adik kelas


Badewey, kalimat tadi juga nyambung ke hubungan percintaan gue deh. Huahaha. Apasih.

Balik lagi.
Perhatiin guru. Perhatiin aja, ntar tau ada efek tersembunyi.
Dengan memperhatikan, setidaknya kita tau asal usulnya. Meskipun belum paham tapi kalo ditelaah lagi sendiri pasti deh otak lo bakal encer dengan sendirinya. Dan kadang guru tuh sering ngasih kode-kode yang ga diterka lewat obrolannya, jadi perhatiin aja. Gue aja pernah merhatiin gurunya sendiri bengong.

We needs passion about something.

Kita mesti tau diri kita jelas-jelas. Bukan maksudnya mastiin apa lo cowok/cewek tulen atau bukan. Artiannya apa sih yang kita. Gue sendri masih bingung, apa gue harus ngambil kesukaan gue, atau hal yang sering gue lakuin? What’s hobby?

Jujur
Kalian mau juara 1, 2, 3, atau berapa kalau ga jujur? Rugi meen. Kita gabakal bisa ngukur bener-bener kualitas  kita. Kita gabakal tau apa kualiatas kita naik atau turun kalo carana kayak gitu.
Emang sih sedikit banget orang yang punya mental juara. Berani jatuh dulu.

Aktive
Mumpung buat anak kelas 1, silahkan mulailah aktif di berbagai organisasi. Mulailah merintis skill yang gabakal kalian dapet di dalam kelas. Gue emang Cuma masuk 1 ekskul di sekolah, dan bentar lagi pensiun. Hiks. Tapi gue coba aktif. Dan Alhamdulillah kepake. Tapi ada yang gue sesali sih, gue ga begitu kepake buat lomba. Mungkin iya, gue mesti terus ngasah bakat gue ini. Btw, bakat gue apa ya? Oh iya, rentang smp-sma semester 4 kemaren, rata-rata rapot tertinggi gue dapet waktu kelas 2 SMP semester 4 juga. Rata-ratanya 86.94 hmm, ada yang lebih gede ga dari gue? Dan pas gue lihat apa aja yang gue ikutin, gue waktu itu padahal aktif di pramuka(gue disini malah ikut lomba typecontest, Alhamdulillah menang), terus kir matematika yang jalan. Ah pokoknya, berasa pengen nangis deh pas lihat rapot itu. Oke cukup flashbacknya.
Jadi, jangan khawatir deh sama anggepan kalo organisasi itu bisa ngeganggu akademis lo. Justru kebanyakan sih belajar dari situ, jadi kita bisa terbiasa ngelola waktu. Dan sekarang, gue meskipun aktif, tapi lo tau lah beda sama pramuka yang pasti ada latihannya tiap seminggu sekali. Dan entah deh apa karena ada factor si X yang juga bikin gue semangat waktu itu-_- ehe.

Buang egoism
Kita bisa jatuh sendiri, tapi tumbuh sendiri? No, kebanyakan kita butuh diskusi. Butuh sharing. Kadang kita ga bisa kan langsung paham sama pelajaran ini, dan kita mesti tau nih siapa aja dikeals orang-orang yang menonjol dibidangnya masing-masing. Jadi, kita bisa saling memanfaatkan tentunya dijalan yang benar, berbagi ilmu. Tapi gue masih susah nih buat ngasih tau apa yang gue maksud, apa yang dipikiran gue buat gue sampein maksudnya. Jadi, kadang itu buat gue down sendiri, ada ketakutan ini gimana, gue gabisa ngasih tau dia, gue bego dong kalo gitu? Ah engga, engga. Jadi, seringnya gue bilang, duh gimana ya, gabisa. Dan nyuruh ke orang buat selesein itu. Padahal kadang persoalannya gue bisa, tapi susah menyampaikan. Kadang kalo matematika tuh, akhirnya gue harus nulis dulu caranya sampe ketemu jawaban terus pelan-pelan ngasih taunya. Menurut kalian gue udah bener belom?

Tidak ada komentar: