Sabtu, 12 Juli 2014

Akhir di Jurnal


Mungkin Agustus nanti akan menggenapkan gue sebagai anggota pers sekolah selama 2 tahun. Ga kerasa emang, beberapa bulan lagi gue bakal berpisah sama hal-hal kayak deadline mading, deadline majalah, ngeliput, dan ngewawancara –yang sebenernya udah ga pernah di lakuin lagi semenjak kelas 11.
Sekarang aja nih, project gedenya Jurnal (re: ekskul jurnalistik sekolah) yaitu bikin majalah, akan menjadi penanganan terakhir gue didalamnya sebagai layouter. Dan setelah melewati 3 edisi, udah terjadi beberapa perubahan tampilan yang semoga dianggap lebih baik karena niatnya sih gitu.
Setelah majalah ke 5 ini terbit, nanti tinggal nunggu kegiatan terakhir yaitu KSS (Kompetisi Seni Sastra) tingkat SMP yang insya Allah akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang. Dan sesudah itu… ya tinggal sibuk-sibuknya nyiapin UN deh. Mungkin ada yang gue sayangin selama setahun ini, sebagai kelas sebelas gue belum bisa mengayomi secara baik adik-adik kelas. Beberapa rencana juga ada yang ga jalan, padahal waktu awal kelas sebelas –dengan semangat ala kakak kelas- kita udah nyiapin berbagai proyek lain. Yaitu: 
1. Majalah Online/Website
Asalnya ketika angkatan gue masih unyu-unyu alias kelas satu, kita emang milih adain Majalah Online, setelah tahun sebelumnya (waktu masih belum jadi siswa disana) mulai menerbitkan majalah sekolah. Tapi dipikir-pikir ada yang salah nih, soalnya kita masih menggunakan sistem upload majalah digital dan kita sempet diskusi kalau sebaiknya majalah online ini beralih fungsi jadi website yang isinya juga tentang kegiatan sekolah, profile ekskul kita, ekskul lain, dll yang harus sering up to date atau bisa dibilang mading online. Akan tetapi, manusia hebatnya emang jadi seorang planner (re: perencana) kadang aksinya itu ga secepat saat mengeluarkan ide –ini gue nih-. Sampai sekarang, mungkin perubahan dari angkatan gue yaitu perubahan dari penampilannya aja. Ya, Alhamdulillah juga kan… mau lihat? klik www.majalahjumanji.com

2. Channel Youtube
Kita udah punya sih channel youtube-nya. Cuma, belum ada isinya aja, yang seharusnya peliputan singkat tentang ekskul-ekskul disekolah dll. Awal kelas sebelas –lagi-lagi- amat menggebu buat bikin video ini itu, akan tetapi…. Gue kira kelas sebelas tuh bisa ya ngurus ini itu, nyatanya tugas atau apa deh jadi penghalang aja. Mungkin kalau udah diniatin dan di nekad-in, akan beda ceritanya. Oh iya, betenya lagi, emang belum ada pembagian tim sih buat ngurus ini. Jadi, ide ini cuma bergulir dibeberapa diskusi dan lenyap seiring waktu aja.

Tapi di angkatan kita, ada kemajuannya juga loh. Menurut gue sih, ini nih:
1.       Mading berwarna
Penampilan mading jadi lebih berwarna. Ini dikarenakan anak-anak kelas sepuluh yang semangat banget nulis langsung pake spidol. Padahal pas angkatan gue kelas satu nih, kita males banget buat nulis langsung dan seringnya print out terus. Paling waktu gue sih rameinnya di hiasan ya.. Tapi, gue salut deh sama anak kelas 10 kemaren, ga hanya rajin nulisnya, ngehiasnya pun keren-keren. Di gambar sendiri pake crayon, dong! Mungkin mereka juga ada niat tersendiri ya, yaitu latihan mewarnai, karena kelas sebelas nanti mereka bakal ketemu sama Seni Budaya yang agak awkwkward deh gurunya, hehe.

2.       Penurut tapi jarang kumpul
Waktu jaman gue sih, seringnya kita tuh seneng kumpul tapi sering banget kumpul cuma buat ngebully kakak kelas. Bahkan ketuanya pun sering kita bully loh waktu itu! Nah kalau sekarang sih, emang kalau dikasih tugas pada oke, tapi…. Ini pada kemana? Ko ini lagi yang kumpul? Emang udah biasa sih ya yang kayak gini. Bahkan pas angkatan gue, sering kayak gini. Terlebih karena anggota pas angkatan gue itu sekitar 10 orang. Dan emang ada diantara kita yang udah jarang kumpul, jarang mau dikasih tugas. Jadi, ngeliat kelas sepuluh kemaren segitu juga beruntung masih mau nerima tugas, lah kalau kejadiaannya yang jarang kumpul jarang mau dikasih tugas? Rese itumah. Tapi, emang udah turun-temurun sifat keibuan ketua jurnal itu yang selalu nerima mereka apa adanya. Ya kan? (abis ini dapet duit nih dari Ipeh sama teh Nira, nih).

  Jurnal itu tempat gue dapetin segala macam pengalaman yang seru dan terduga deh! Dari Jurnal gue ngerasain deg-degan nyalonin jadi ketupel acara LDKS, nyalonin/dipaksain jadi anggota BPH Osis. Walaupun itu semua gagal, tapi ga sepenuhnya kok. Karena sensasi-sensasi yang gue rasain saat ngelakuin hal-hal tersebut selalu menjadi pelajaran buat gue kedepannya. Dan tentu menjadi cerita tersendiri yang pantas buat dikenang. Diakhir tulisan ini, gue pengen berterima kasih sama temen-temen seangkatan, atasan, sama bawahan di ekskul Jurnalistik Titik Hitam yang udah mau temenan, berbagi, dan mengayomi gue. Semoga segala kenangan saat ngeliput, ngerjain tugas, buka bareng, ngumpul bakal selalu menjadi bagian dari memori kalian hingga gede nanti. Dan gue berharap ilmu-ilmu yang kita dapat di ekskul ini bisa bermanfaat buat kedepannya. Oke deh, semangat layouter! Final project lo nih! :3  *nyemangatin sendiri*

waktu kelas sepuluh

waktu dilantik

ini juga..

Sebagai bonus, gue mau describe sama impersonate angkatan gue ah. Haha
1.       Syifana Nurahmi
Bagian dari warga XII Alam 4. Ibunya jurnal yang aktif banget disekolah. Sering di ‘pake’ sama ekskul lain dan acara sekolah sebagai seksi acara. Dimana-mana deh, kamu peeh…
“Sip..”
“Tahu gak..”
“Kamu kenapa say?” coba, ga betah gimana coba di jurnal? Perhatian bangeet.



2.       Ninda Dwi Laras
Ambu jurnal a.k.a wakil ketua yang seksi parah. Punya gelembung di beberapa bagian tubuhnya yang membuat dia sering jadi bully-an juga. Pernah sekelas waktu kelas sepuluh, dan kehebohannya dia ga cuma dikelas melainkan dimana-mana!
“sipaaaaw!”
“Iiiih, ninda atuh!”
Pokoknya kalo nge-impers dia harus pake tanda seru aja.



3.       Fidya Istika H
Partner setia di jurnal, selain karena latar belakang yang sama yaitu dari SMPN4, pas kelas sebelas juga makin sering bareng karena kelasnya sebelahan. Waktu pelantikan sama-sama jadi peserta dengan video terheboh karena isi dari video tersebut yang membuat semua orang ga percaya. Pidi ini baik banget pokoknyaaa! (traktir awas, jangan lupa!)
“paw mau bayar..”
“sip anter yuk..”
“Kamumah tuda, haha”

4.       Bayu Alamsyah
Satu-satunya pejantan di jurnal. Anak sos 2 yang demen sama dunia kepribadian. Kayaknya dia tau aja deh semua orang di Smansa. Mungkin ga hanya orangnya juga ya, tapi makhluk lainnya… hii.
“Cipaaw..”
“Sini aku bantu.”
“Kalo menurut aku siiih..”




5.       Hilda Aulia M
Kecil mungil yang makin jarang hadir dan sering kabur. Ketua pimred nih, guys. Dan anak satu ini susah banget dihubungin.
“Kalo kata aku sih, mending..”
“Yap, bener tuh!”
“Gak, gak…”
Pendiriannya kuat. Paling bisa menghalau guru-guru ‘menyebalkan’ di sekolah.



6.       Resi Yutika
Cici nya jurnal. Sudah jarang kumpul, tapi tetep setia menjunjung jurnal kok. Orangnya 11, 12 sama Ninda.
“ahahaha…” inget ketawanya.







7.       Roslia Shani
Yang amat sangat jarang kumpul nih orang. Dulu pernah sekelas waktu kelas sepuluh, dan masih rajin waktu itu. Kelas sebelas, makin terbawa arus.
“Ih, enggak”
“siiip/paaw, turuuun…” kalo lagi manggil dari bawah.






Dulu ada sekitar 10 orang, tapi ya gitu dimana-mana ada pejuang yang maju ada juga yang mundur. Dan inilah para pejuang yang mundur…
8.       Widia Sri Utami
Amat lengket sama Roslia, sayangnya harus terpisah kelas pas kelas sebelas. Dulu waktu kelas sepuluh sempet sebangku. Orang ini juga gue ceritain disini. Baik banget deh ni orang.
“Siiiiiipp!”
“Iiiiiih… engga ah. gamau”





9.       Putri Nopa Nopianti
Sekarang mah –dan dulu juga- aktifnya di basket. Waktu smp aktifnya di redaksi, jadi mungkin pengen nyobain lagi di SMA eh, ga sesuai sama passion. Mungkin karena bosen 3 tahun di SMP tuh. Ehehe
“Okedeeh..”
Inget banget sama senyumnya!
10.   Nurul Hidayah
Sama kayak kasus Putri ‘tutut’, di SMP udah pernah masuk redaksi mungkin pas SMA pengen nyari pengalaman lain. Jadi cuma beberapa kali aja ni anak ikutan kegiatan-kegiatan jurnal.
Dulu lengket banget ama Fidya.

catch us @Jurnalsmansa

2 komentar:

Bayu Alamsyah mengatakan...

itu foto guenya pose "anak baik baik" banget -_- :p

Bayu Alamsyah mengatakan...

Itu foto gue pose "anak baik-baik" banget :p