Senin, 21 Juli 2014

Jalan Raya bukan Sirkuit


dari google

 Sebagian besar dari kita pasti ngabisin beberapa menit bahkan sampe berjam-jam di jalan. Entah itu tujuannya buat pergi ataupun pulang. Gue udah hampir setahun jadi pengendara tanpa SIM. Iya, gue kurang 1 tahun waktu itu, karena pas gue dikasih motor pas gue umur 16 tahun. Dan sejauh ini, gue nemuin beberapa fakta menarik soal lalu lintas di Indonesia, selain waktu gue bawa motor sendiri, diboncengin temen ataupun naik mobil bareng keluarga.

1.    Jalan Raya tuh bukan Sirkuit
Pernah ga bête sama kelakuan anak kecil yang so-so bawa motor kenceeeng banget? Kayak yang punya nyawa 9 aja deh. Ga ngerti dipikirannya ada apa. Kadang nih, ga hanya anak kecil aja, beberapa orang dewasa juga keliatan tuh yang seneng banget bawa motor kenceng.
2.    Jalan raya tuh bukan milik nenek moyang lo
Kejadiannya beberapa hari yang lalu, waktu gue sama keluarga dalam perjalanan pulang ke rumah. Tetiba banyak motor-motor gede/komunitas motor gitu deh yang nyalip kita.
3.    Parkir kayak yang punya tanah
Minggir dong ah, lu kira tanah ini punya lo. Papap selalu bilang sama gue kalo nyimpen motor -parkir- itu ditempat yang aman dan ga ganggu jalan orang. Gue suka senewen kalo liat orang markir sembarangan. Ya walopun kita berentinya ga lama, jangan sampe deh ngerugiin orang.  Selain enak ke orang, ke kitanya juga enak ga perlu cape bolak-balik buat mindahin kendaraan kita lagi.
4.    Tiba-tiba berenti
Ini sih kebiasaannya amang elf sama angkot. Kadang gue sabar aja tapi lama-lama pengen disabarin juga. Emang sih ini karena di kita itu ga ada tempat khusus buat nunggu angkot. Jadi ya, tinggal ke pinggir jalan, lambaikan tangan dan tada! sudah berhnti
5.    Sen nya mana Mba/Mas?
Kalau positif thinking dulu sih, mungkin si Mbak atau si Mas ini lupa. Perlu gue ingetin ya, yang setau gue, sen itu dipake saat nyalip, saat mau belok, saat mau menepi. Dah segitu doang kan? Sen itu sebagian dari kode loh. Kalo kita ga dikasih kode, entar bisa menimbulkan banyak hal yang tidak diduga./persepsi. Banyak interprestasi. 
6.    Kanan kiri penuh barang. Transportasi ga sesuai muatan. Kerupuk numpuk dll.
Perasaan kalo gue liat di luar negeri, ga ada deh yang kayak di kita. Kalo misalnya bawa barang furniture atau apa deh yang gede-gede, biasanya pake mobil box, bukan mobil kobak yang sumpah bikin serem kalo terus-terusan ngikutin tu mobil. Motor yang suka bawa barang di samping kanan-kiri. Sampe ketutup tuh kepala yang bawa motor dari belakang saking tingginya. Takutnya gue sih, kalau sampe kita kena pinggirnya dikit, oleng. Entah deh beruntung siapa ,yang nyenggol atau yang disenggol. Yang jelas JELAS ini bikin bahaya. Sekalipun tu orang bilang kita udah ada sertifikatnya ko mengemudi barang sebanyak ini. (Sekarang kan maenannya sertifikat bro. Hoho)
7.    Tanpa SIM
Oke, biar adil gue masukin ini. Emang sih ini masalah yang umum banget dan makin hari makin menjadi aja. Susah buat di atasin, soalnya balik lagi ke masalah number 2. Banyak anak-anak dari yang berwenangnya yang ngelanggar aturan sendiri. So, gimana dong? Ya, jadinya dibiarin aja.
Terus transportasi umum yang udah jarang. Iya mungkin karena makin kesini makin banyak aja pengguna motor, jadi udah jarang angkutan umum yang sampe malem atau sore.

Mungkin gue juga sebagai pengguna motor yang masih newbie di lalu lintas ga selamanya bener, terus maafin kalo ada dari kalian abis baca ini langsng ngerutuk “nih, anak belom juga dpet SIM nye udah berani nasehatin ini itu.” Hmm, y ague ma niat bikin blog kan curhat ya. Jadi harap terima aja. Hehe. Oh ya, kalau kalian mau sharing juga boleh kok atau ngerasa pernah juga jadi pelanggar poin-poin diatas..]

Tidak ada komentar: