Kamis, 18 September 2014

Upload Joomla dari Localhost ke Internet pake Idhostinger

Caranya gampang-gampang mudah ko, hehe.. Menurut aku sih ini rangkuman step by step nya ya, semoga berhasil! Disarankan ikuti step by step nya ya, biar ngerti..

1.       Compress data di htdocs misal ‘syifa’ ke zip. Sehingga file Syifa berubah menjadi Syifa.zip. [caranya: pencet Ctrl+A file di dalam Syifa->klik kanan pilih winzip->pilih yang ada tulisan 'syifa.zip']
2.       Buka browser, lalu ketik ‘localhost/phpmyadmin’ pada url
3.       Pilih database yang kita telah buat waktu joomla [lihat sebelah kiri, datanya di klik], lalu pilih menu export. Pilih Select All, lalu lihat ke bawah pada kotak save pilih file dengan tipe zip. Kemudian klik Go.
4.       Masuk ke Id Hostinger dengan akun gmail yang udah dibuat [kalo belum daftar di idhostinger, daftar dulu ya pake gmail aja, gampang!], kemudian di menu hosting pilih order hosting, jangan lupa pilih yang gratis ya!

5.       Nanti kita tinggal masukkan domainnya. Jangan diubah tipe domainnya, karena kalo ga pake subdomain, kita harus beli lagi domain jadi langsung aja ke isi kotak Subdomain dengan domain yang mau dijadikan alamat website kita, misal homewizard lalu pilih subdomainnya (yang dikanannya ituloh) bisa pake url.ph, dsb; masukkan password dan konfirmasi password. Lalu klik lanjutkan, udah gitu tinggal masukin no di captchanya terus order deh biar aktif.
6.       Udah gitu refresh (F5) windows
7.       Entar pilih menu hosting lagi, terus klik deh domain kita, misalnya homewizard.url.ph kalo udah masuk ke hosting yang domain kita, tinggal memulai lagi di databasenya….
8.       Scrool down kursor, cari menu database. Klik database Mysql
9.       Lalu mulai isi kotak-kotaknya.. Isi Nama database mysql, username mysql, password (tips samain aja sama yang di joomla) lalu klik buat akun… buat akun selesai.
10.   Udah gitu, kita pilih dari menu database yang import database, yang artinya masukkin data yang dari localhost ke idhostinger. Lalu step 1 lanjutkan, step 2 upload deh yang hasil dari no 3 diatas. Jangan lupa ya, karena file sebelumnya bertipe zip jadi kita ekstrak dulu filenya supaya file.sql nya keliatan. [cara ekstrak tinggal klik kanan file->ekstrak here]
11.   Database udah diimport, sekarang tinggal yang file hasil compress no 1 nih di import. Pilih menu website lalu klik yang impor Website. Upload dan tunggu ampe selesai.
12.   Udah data+web nya di upload/impor yaudah tinggal dikonfigurasiin aja. Tapi sebelumnya hapus dulu file 'Default.php' di menu file->file manager1. udah gitu lanjut ke konfigurasi. Caranya,
Pilih menu file->file manager 1->cari ‘configuration.php’ lalu edit deh. Mananya sih yang harus diedit?

Kan ada yang begini..
    public $dbtype = 'mysqli';
                public $host = 'localhost;
                public $user = ‘root';
                public $password = '';
                public $db = ‘syifadb';
                public $dbprefix = 'pztp6_';

Nah, ubah deh jadi gini..
    public $dbtype = 'mysql';
                public $host = 'mysql.idhostinger.com';
                public $user = ‘user_database mysql kamu’;
                public $password = 'paswd waktu di database';
                public $db = 'database_mysql kamu';
                public $dbprefix = 'pztp6_';

atau contohnya yang aku jadi begini...
    public $dbtype = 'mysql';
                public $host = 'mysql.idhostinger.com';
                public $user = 'u705958231_syifa';
                public $password = 'syifaaja';
                public $db = 'u705958231_syifa';
                public $dbprefix = 'pztp6_';

Udah gitu save, terus liat deh web kamu di alamat web kamu, misal alamat web kamu homewizard.url.ph pada browser.

Kalo masih ada tulisan yang artinya "web nya ga konek ke mysql" yaudah balik lagi ke configuration.php kali aja ada yang salah ketik. Atau ga ganti juga yang ininya begini:
                public $log_path = 'C:\\apayaa lupa';
                public $tmp_path = 'C:\\apalagi lupa';
jadi begini...
               public $log_path = '/home/usercpanel/public_html/logs';
               public $tmp_path = '/home/usercpanel/public_html/tmp';

yang dua ini sih gatau ya ga ngerti aku juga, tapi kalo masih gabisa... liat-liat lagi aja, takutnya kalian salah nulis. Oke? Gitu tuuuh,  gampang kan? Bisa kan sekarang? hehe

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih mba syifa, sudah menolong akhirnya website saya bisa terbit.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Shifa Ghifary sangat cantik sekali, pasti bidadari dari Firdaus +cerdas banget. Rasanya aku ingin dinikahi Shifa Ghifary deh