Rabu, 25 Februari 2015

Gue Nyesel

Untuk pertama kalinya (dan terakhir) gue merasakan penyesalan yang teramat dalam hal akademik. Hal ini bermula ketika kemarin
Kemarin malem bada maghrib memang sudah rencana mau menghapal biologi, inggris, lalu TIK. Biasanya kalo mau ulangan atau menghapal gue pasti langsung ngurung diri di kamar, karena gue termasuk orang yang gasuka ditengah keributan. Namun saat itu adalah hari Jumat, hari dimana teteh pulang kampung dari Bandung ke Subang. So, gue pengennya sih ngumpul-ngumpul gitu diruang keluarga, ga menyendiri gitu dikamar. Akhirnya gue memutuskan buat menghapal diluar kamar, tepatnya di depan televisi yang saat itu tengah menyiarkan acara Dangdut Akademi (sori lupa sensor).
Kebayang lah, meskipun gue coba tutup pake headphone sekalipun, dan ngapalinnya sistem tulis dan baca, ga bener-bener dipahami, bakal nyantol ga tuh? Ya ada sih, cuma 5 % lah.
Dan setelah acara dangdut akademi itu, rupanya di stasiun tv yang sama, nayangin malam puncak Puteri Indonesia 2015. Walhasil karena kecapean naik turunin leher, antara tv sama buku. Gue akhirnya menutup buku dan fokus sama acara PI 2015.
Ya Allah…. Gue ga pernah tau hal yang gue lakuin ini fatal banget. Bego. Udah tau harus komitmen sama jadwal, eh mangkir, tau deh rasain.

Besoknya...
Pas pagi gue udah takut banget, entah kenapa takut aja, padahal gue ga pernah sepusing mikirin kayak gitu (prinsip gue pada dasarnya adalah, kalau ada tugas kerjain bukan dipikirin). Pas gue nyetirin motor juga, gue was-was aja dan keseringan ngomong sendiri di jalan.
Pas nyampe sekolah, gue inget, TIK baru dibaca doang, dan gue belum sepenuhnya memahami materi, oke…. dan gue baru sadar kalo TIK pelajaran pertama dan Biologi pelajaran kedua! Padahal pelajaran yang gue utamain semalam adalah Biologi (efek remedial-_- gak mao lagi!) and then, aku baru tahu kalo Biologi hari itu ga ulangan!! How a big day?
Bukannya seneng, ko agak nyesek ya? Emang sih belum begitu banyak materi yang gue serap lagi semalam, tapi tetep aja kerasa banget di hati. Udah gitu gue pasrah atas hasil ulangan pemrograman PHP, pasrah se-pasrah-pasrah-pasrahnya. Gue tau itu salah gue.
Dan disisi lain, ketika gue kesusahan sama soal, gue dikejutkan sama beberapa ‘temen’ dikelas yang pada berbuat curang. Ada yang buka hp, ada yang nanya sana sini. Ya Allah, jujur saat itu hati gue rasanya sakit banget apalagi pas tau nilai PG mereka ada yang lebih gede dari gue. Dan gue semakin was-was ketika essay yang gue kerjain dengan penuh kepusingan dan gue gatau lagi harus nulis apa, eh gue ngeliat ada orang yang ngenet!
Ada niatan buat bilang ke guru, tapi gue males buka aib orang tersebut. Cukup gue tau aja, kalo dia-dia-dia-dia and dia yang curang.
Setelah keluar dari lab, badan gue kerasa lunglai, lemes, kesel jadi satu. Bagi gue, TIK adalah pelajaran kesukaan gue kedua setelah matematika. Dan pas gue ngerasa gagal, gue ngerasa sakit banget++. Akhirnya tangis gue ga kebendung lagi, dan berakhir pada curhat ke Allah, tak lupa memohon ampun atas sikap yang telah dzalim pada diri sendiri. 

Bukannya so suci, sebagai siswa tentu gue pernah melakukan hal contek-mencontek. Dan Alhamdulillah, gue ninggalin hal ini saat kelas 10, disitu gue termotivasi ketika nilai biologi –hasil nyontek gue- gede, yaitu sampe 93 berapa deh. Dan gue saat itu ngerasa, gimana kalo gue gabisa mempertanggungjawabkan angka ini? Oh iya padahal waktu itu gue nyonteknya 1 atau 2 lah, jadi gue optimis bahwa gue sebenernya mampu.
Dan mulai saat itu, gue kembali lagi ke jalan yang lurus, karena gue mulai berprinsip
buat apa nilai bagus kalo orang-orang tau atau seenggaknya diri lo aja tau kalo itu hasil dari curang.
Inget loh, lo gabakalan bisa bohongin diri lo. Lo mungkin dilihat oke dari luar, tapi saat lo tau diri lo seperti apa, lo gabakal pernah percaya sama diri lo sendiri.
Jujur itu mahal, meen! Liat aja orang-orang nyogok pasti pada gede kan, ya karna nilai dari kejujuran itu mahal, ya kalo kegoda berarti kejujuran dia ga dihargai oleh dirinya sendiri.
Sekarang gue titip banget buat kalian semua, jangan sampe kalian berbuat curang cuma buat ngejar nilai. Please deh, kalo lo takut lo remedial sendiri, yaudah malemnya belajar dulu! Kalo engga ya itu resiko, kayak gue. Berarti lo bakalan lebih berani pas lo ada di dunia kampus, apalagi di dunia kerja. Lo bakalan lebih PD dan menghargai kemampuan lo sendiri.

Sekian deh, semoga mereka segera diberi hidayah. Dan semoga untuk yang sudah sadar, di istiqomahkan. Aamiin. CU!

Ps: B.inggris ibunya kagak masuk~ I was happy, doong oow!:]

Tidak ada komentar: