Selasa, 10 Februari 2015

Hallo, Februari!

Sebulan tanpa tulisan di blog ini, berasa dosa banget deh. Dan tetiba gue kembali ke blog bukannya dengan topik yang (sok) nasionalis lagi tapi malah tentang diri sendiri. Gue pikir, gue butuh aktivitas kayak gini lagi meskipun gue lagi sibuknya persiapan UN. Itung-itung bahan evaluasi buat ningkatin kualitas diri lah.
So, apa yang udah terjadi selama sebulan kemarin?

  • Semangat baru
Seperti biasa, tiap tahun, kalau ga ganti resolusi pasti nambahin resolusi. Dan untuk tahun 2015 ini rasanya nambahin aja deh. Gue selalu percaya, punya wishlist itu penting, karena selain sebagai pengingat mimpi kita, pun sebagai do’a yang tanpa disadari kadang wishes kita udah sebagian terwujud. Dan semangat ini terlebih karena tahun ini gue bakalan jadi mahasiswi! Aamiin, dan PTN yang gue udah tulis di wish-list gue dari dulu adalah ITB. Selain daripada itu, gue sempet berharap kuliah S1 di Jerman. Dan menimbang berbagai perasaan dan logika, kayaknya buat S1 gue masih pengen di deket kota Subang dulu deh. So, gue pun akhirnya bercita-cita lagi buat jadi maba ITB 2015! 


  •    Kuliah oh… Kuliah
Tau ga, gue sempet kepikiran buat ga kuliah gegara mikir gue bisa bikin usaha clothing khas Subang. Dan sempet galau gitu dengan persepsi kalau cewek meskipun sekolah tinggi tetep aja kewajibannya dirumah buat ngurus anak. Jadi gue sempet mikir, buat apa sih cewek sukses? Ko kebanyakan yang sukses itu cowok sih? Oke, itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terdengar frustasi bagi orang-orang waras. Dan setelah berusaha buat sharing dan cerita kesana-sini, Alhamdulillah, gue dapat semangat lagi buat kuliah, buat ngejar impian gue. Gue dapet sesuatu dari temen gue, yang isinya adalah niatin apa yang lo lagi lakuin saat ini (read: belajar) adalah buat cari ilmu dan nambah ilmu bukan buat nyari nilai semata apalagi nanti kita itu jadi seorang ibu, ya tentu harus pintar dong biar anak-anaknya juga pada pintar, dan pintar juga dalam mengurus rumah tangga.

  • ·         Lelahnya Pengayaan
Bagi kelas 12 SMA angkatan kurikulum 2006 pasti udah biasa sama namanya UN. Walaupun UN sekarang ga dijadiin faktor kelulusan, teteup aja sih harus bagus nilai UN-nya. Karena UN juga masuk ke dalam 50% penilaian disemester terakhir, setengah-setengah sama nilai US dan raport.
Di sekolah gue, pengayaan dilaksanakan 3 hari, yaitu hari selasa s.d kamis. Betenya tuh, sekarang kan lagi musim hujan dan sering banget terjadi badai hujan diwaktu sore. Ga hanya bete karena cuaca, tapi sering bete juga sama guru yang ngajar pengayaannya. Sebenernya gue yakin kualitas guru-guru di sekolah gue ini bagus-bagus, cuma ya… ada yang cara transfer-in ilmunya asik –menurut gue- dan ada yang engga. Emang yang asik itu gimana? Ya, minimal yang gabikin ngantuk pas pengayaan dan suaranya dikondisiin jelas. Tau sendiri kan kalo udah sore, makin susah konsentrasi. Well, apa gue terasa nuntut banget?
Oke, gue juga ngertilah beliau-beliau ini juga cape ngajar dari pagi, tapi kan kita juga sama, cape mikir juga apalagi kalau saat hari itu abis 3 jam matematika, atau ga pelajaran kimia. Jadi kita kondisiin diri masing-masing biar asik aja lah.
·         

  • Post test Bio, Kimia, dan ulangan pertama Biologi
Aaaa….. kesel. Sebenernya seneng juga kalau jadwal test diundur-undur, tapi rupanya malah jadi bom bagi diri sendiri. Bahan bomnya adalah, jadi males ngapalain lagi, ga fokus buat nyerap materi, dan udah kepedean soalnya bakal keluar yang kayak gini. Dan tara! Selalu aja ga maksimal.
Nyesel banget, gatau deh kalau harus diinget terus mungkin bakalan jadi stress dan lupa sama rintangan yang baru. Nah, emang sih waktu itu kan gue udah merasa ‘belajar’ jadi pas besoknya hari yang beneran jadi ulangan, gue malah belajar sealakadarnya, dan pake sistem SKS. Kesel bangetlah pas udah ulangan tau udah salah banyak. Dan dengan gue nulis disini, semoga gue selalu inget perasaan kesel itu, supaya gue lebih banyak belajar dan tetap rendah hati; menganggap diri belum bisa.


  • ·         TO Pertama, gak siap PAK/BU!
Udah TO lagi aja nih, dan TO kali ini serentak dilaksanain di Provinsi Jawa Barat dari kemarin (9/2) sampe hari rabu. Sejauh ini…. Oke, gue gatau mau jelasin kayak gimana (sebenernya bukan jelasin, tapi nyari alesan aja sih haha) yang jelas, GUE BELUM SIAP. Iya, kesimpulannya kayak gitu. Padahal pas udah keluar ruangan, gue sadar betul tuh soal harusnya gampaaaang bingit buat dijawab dengan benar. 

Ya udahlah, sekarang gue bakal jadiin TO pertama ini batu gue buat naik dan lebih naik lagi sampe ke puncak gunung!

Semangat TO Jabar! Sehari lagi nih, yeaay! 
[H-3 SNMPTN 2015]




Tidak ada komentar: