Jumat, 16 Juni 2017

IPK BUAT APA??!


Alhamdulillah, semua nilai hasil semester 4 ini udah pada keluar. Hal-hal yang mendebarkan setelah menjalani uasnya sih pasti saat buka sino. Dimana, halaman awal dari sino sendiri udah pada bikin sebel. Lihat aja tuh gambar tumpukan nilainya, yang paling atas malah nilai c dulu. Aku sendiri cukup trauma dengan adanya rantai karbon di sino, meskipun hasil dari semester ini stagnan dengan hasil semester 3. Tapi tetap harus disyukuri apapun hasilnya.

Nah, jadi tadi pagi aku kedapatan curhatan temen. Dia bilang kesel banget pacarnya tuh kayak yang gak terima dapet nilai d dan si pacarnya itu langsung protes ke dosen dan hwala! jadi naik gatau ke huruf apaan. Di jurusanku sendiri, memang untuk protes kek gitu susah. Pasti ujung-ujungnya kena maki, malah dibalikin dsb. Padahal yah... ada salah satu matkul yang ibu dosennya kok gitu sih.
ah gitu gimana sih syif?
Semester 4 itu aku, temenku dan temenku yang lain ngontrak matkul teori grup. Dosennya tuh bu E dan pak S. Mereka ngajarnya tuh udah bagus sih, cuma akunya aja kurang rajin. haee.
Tapi meskipun begitu, nilai uts kelas kita pada ga bagus sih, Dan pas UAS kemaren aku gakbisa banget, pas baca soalnya aja udah berkaca-kaca gitu. Mau nangis:(
Alhasil yah, sama kayak prediksiku.. paling mentok di D. Dan aku agak bersyukur dapet D, karena aku gamau kalo sampe dapet E dimana artinya, aku ngerasa gak dihargain apa-apa.
Sebenarnya setelah UAS itu aku udah yakin bakalan remedial, walhasil aku menunggu waktu buat balik ke Subang. Tapi kenapa gak ada aja... kata kaem matkulku ibu udah di hubungin tapi gak bales aja. Jadi galau gak galau mau baliknya juga. Dan pas h-1 terakhir input nilai itulah nilai teori grup baru keluar. Yang gak dimengerti adalah kenapa ibunya gak ngasih kesempatan lagi buat remed, kenapa tahun depan?:( Ya udahlah, pada akhirnya aku selalu liat ke dalam diri lagi. Emang ngerasa gak becus dan aku sih mikirnya gak guna marah-marah lagi pun, toh nilai bakalan tetep gitu, ngulang bakalan pasti dan gak guna juga nyalahin orang mah da gak sepenuhnya salah.

Kemudian temenku itu nanya, dengan kegalauannya itu. "IP sama IPK ngaruh ke apasih sipaaa?"
hah... nyelekit. Akupun jawab panjang banget, banyak banget. Toh nanti anak-anak yang diajar oleh kita gak akan nanya ip sama ipk kita dulu kan? awas aja kalo ada yang nanya! dan memang mereka berhak memiliki guru yang pinter, tapi lebih baiknya lagi sih aku pengennya jadi guru yang teladan. Kalo buat jadi pinter aja sih gampang, tapi karakter yang dibuat dari belajar matematika itu yang pengen terasa oleh anak didikku kelak. Tentang kesabaran, naik-turunnya nilai (mungkin), kecermatan, kesungguhan, kejujuran, kepastian. Banyak hal yang romantis dari matematika yang bisa dibagikan sama anak-anak. Anyway ip aku pun pernah sampe 2,1 WHICH IS semoga gak keulang lagi naudzubillah. ip itu didapet waktu semester 2. Kalo aku anak tpb pasti udah ketendang ke jurusan yang paling dijauhin sama yang lainnya. Untung aja bukan di itb:( Dan alhamdulillah sekarang bisa dinaikin lagi, ipknya jadi diatas 3 koma meskipun ga koma tinggi amat.
Kemarin pun sempet denger cerita dari papap, katanya anak dari guru-guru di smansa dan anak temennya papap pada gak keterima SBMPTN. Sekarang mereka pasti lagi galau mikirin kuliah:( Kealamin sama aku yang males, udah males ngomongin ptn tuh. Papap bilang, da kalau gak ketakdirin mah gak akan keterima. Semuanya juga udah ada rejekinya dan takdirnya masing-masing. Tugas kita sekarang pas udah dapet takdir itu ya disyukuri, dan di doakan semoga yang didapat ini baik dan dilancarkan. Ilmunya pun semoga menjadi berkah. Aamiin.
Aku mengamini banyak malam itu.
Ya sekarang mah, jangan terlalu pusing tentang dunia lah. Yang pasti buat kita ya pasti dateng gak akan kelewat. Kalau kelewat ya yakin aja bukan buat kita. Sekeras apapun berusaha, cuma Allah penentu segalanya. Semoga orientasi hidupnya bisa lebih ke Allah lagi. Aaamiin.

Tidak ada komentar: